KOARMATIM - Komando Armada RI Kawasan Timur - TNI Angkatan Laut

KENANG PAHLAWAN REVOLUSI, PANGARMATIM PERINGATI HARI KESAKTIAN PANCASILA

By 01 Oct 2016 02:54Berita Umum
01-kenang-pahlawan-revolusi-pangarmatim-peringati-hari-kesaktian-pancasila-3

Surabaya, 01 Oktober 2016

Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda TNI Darwanto, S.H., M.A.P., didampingi oleh Ketua Daerah Jalasenastri Armatim Ny. Ina Darwanto mengikuti upacara peringatan hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober yang dilaksanakan di halaman Gedung Negara Grahadi, Surabaya. (Sabtu, 01/10/2016).

Inspektur Upacara yaitu Gubernur Jawa Timur Dr. Soekarwo, S.H., M.Hum., upacara diikuti oleh ribuan peserta dari berbagai lembaga pemerintah dan elemen masyarakat di Jawa Timur. Dalam pelaksanaannya Upacara peringatan Hari Pancasila dengan tema “Kerja Nyata Untuk Kemajuan Bangsa Sebagai Wujud Pengamalan Pancasila”, dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, mengheningkan cipta dalam rangka mengenang jasa para pahlawan dan pembacaan teks Pancasila.

01-kenang-pahlawan-revolusi-pangarmatim-peringati-hari-kesaktian-pancasila-1Peringatan peristiwa 1 Oktober sebagai hari kesaktian Pancasila memang sebuah konstruksi sosial atas kemampuan bangsa Indonesia untuk memenangkan pertarungan melawan pemberontakan PKI yang ingin menggantikan NKRI yang berdasar atas Pancasila dengan ideologi komunisme.

Kegagalan  kaum komunis untuk mengubah konsepsi dasar negara melalui Gerakan 30 September yang menewaskan pahlawan revolusi, antara lain: A. Yani, D.I. Panjaitan, M. T. Haryono, Sutoyo, dan lain-lain. Jadi, peristiwa Gerakan 30 September 1965 adalah peristiwa sejarah yang tidak boleh dilupakan atas nama HAM, demokratisasi dan reformasi. Reformasi tidak akan bisa mengubah kejadian pemberontakan PKI di Madiun, Pemberontakan PKI tahun 1965. Boleh saja orang menyusun memoar bantahan terhadap peristiwa Gerakan 30 September 1965. Namun harus tetap diyakini bahwa PKI telah melakukan makar terhadap pemerintah Republik Indonesia, NKRI yang berdasar Pancasila.

Hadir dalam upacara tersebut diantaranya, Wagub Jatim Drs. Saifullah Yusuf, Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI I Made Sukadana, S.I.P., Komandan Kodiklatal Laksda TNI Tri  Wahyudi Sukarno, S.E., M.M., Gubernur AAL Mayjen TNI Guntur IC. Lelono, Kapolda Jatim Irjen Pol Drs. Anton Setiadji, Karumkital dr. Ramelan Laksma TNI dr. I Dewa Gede Nalendra, D.I, Sp.B, Sp. BT KV (K)., Kasgartap III/ Surabaya Brigjen TNI (Mar) Amirudin Harun, Dapasmar 1 Brigjen TNI (Mar) Lukman Hasyim, S.T., M.Si. (Han)., Komandan Guspurlatim Kolonel Laut (P) Dadi Hartanto, M.Tr. (Han)., dan Para pejabat forum pimpinan daerah (Forpimda) Jatim.

Kadispenarmatim Letkol Laut (KH) Maman Sulaeman

 

KENANG PAHLAWAN REVOLUSI, PANGARMATIM PERINGATI HARI KESAKTIAN PANCASILA