KOARMATIM - Komando Armada RI Kawasan Timur - TNI Angkatan Laut

KEMENANGAN 2-1 INDONESIA ATAS THAILAND RAMAIKAN SUASANA KOARMATIM

By 15 Dec 2016 04:14Berita Olah Raga
15-kemenangan-2-1-indonesia-atas-thailand-ramaikan-suasana-koarmatim-2

Surabaya, 15 Desember 2016

Pertandingan Leg pertama antara Tim Nasional (Timnas) Indonesia melawan Thailand dalam Final Piala AFF 2016 menarik perhatian seluruh bangsa Indonesia, salah satunya prajurit Koarmatim. Dalam kesempatan tersebut Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda TNI Darwanto, S.H.,M.A.P., didampingi oleh Kepala Staf Koarmatim (Kasarmatim) Laksamana Pertama TNI I.N.G. Ariawan, S.E., M.M., mengajak prajurit dan PNS Koarmatim untuk Nonton Bareng (Nobar) di Gedung Panti Tjahaja Armada (PTA) Koarmatim, Ujung Surabaya. Kamis, (15/12/2016).

15-kemenangan-2-1-indonesia-atas-thailand-ramaikan-suasana-koarmatim-3Setelah peluit babak pertama dibunyikan, riuh suasana gedung yang memiliki layar LED super besar tersebut, prajurit Koarmatim menyaksikan kedua tim yang menampilkan taktik dan strategi untuk mencari celah menciptakan gol sejak menit-menit awal. Timnas Indonesia yang diarsiteki Coach Alfred Riedl menurunkan skuad terbaiknya seperti  Gelandang Serang Stefano Lilipaly, Striker Boaz Solossa dan di bawah mistar gawang Kiper Kurnia Meiga. Kecepatan serta determinasi adalah senjata utama timnas Indonesia untuk menekan pertahanan lawan.

Namun sayang, serangan yang dibangun Indonesia membuat pertahanan sempat lengah, Thailand melalui barisan penyerangnya berhasil mencuri gol pada menit ke-33 melalui umpan Theerathon Bunmathan dari sisi kanan pertahanan Indonesia dengan sempurna dimanfaatkan oleh Teerasil Dangda dengan sundulan yang terarah ke sisi kiri bawah.

15-kemenangan-2-1-indonesia-atas-thailand-ramaikan-suasana-koarmatim-1Dengan dukungan 30.000 suporter Indonesia yang memadati Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor menjadi semangat timnas Indonesia untuk bangkit dan berusaha menyamakan kedudukan. Hingga turun minum, tak ada gol tambahan lagi. Thailand memimpin 1-0.

 Usai jeda turun minum, Wasit Jumpei Lida asal Jepang meniup peluit babak kedua pertanda hidup mati Timnas Indonesia harus diperjuangkan. Melalui jual-beli serangan akhirnya melalui Rizky Pora pemain bernomor punggung 14  merangsek ke depan pertahanan Thailand dan  melepaskan tendangan kerasnya dari kotak penalti dengan jarak 20 meter, berhasil merobek gawang Thailand yang dijaga oleh Kiper bernama Kawin Thamsatchanan. Skor berubah menjadi 1-1 antara Indonesia dan Thailand yang membuat keriuhan ruangan saat acara Nobar Final Piala AFF tersebut.

 Setelah menyamakan kedudukan tensi permainan Indonesia semakin impresif sehingga pada menit ke-70, Indonesia berbalik unggul melalui kepala Hansamu Yama bek bernomor 23, mencatatkan namanya di papan skor setelah menyundul bola umpan sepak pojok Rizky Pora. Lagi-lagi Pangarmatim yang mengenakan ikat kepala merah putih beserta prajuritnya secara spontan bergembira atas keunggulan  Indonesia 2-1 melawan Thailand.

Pada akhir laga, Indonesia kembali mendapatkan peluang. Ferdinand Sinaga, yang masuk menggantikan Boaz pada menit ke-78, berhasil mengecoh satu bek lawan sebelum melepaskan tendangan.

Sayang, Lerby Eliandy tak mampu memaksimalkan bola rebound hasil halauan kiper Thailand karena sundulannya masih bisa di antisipasi dengan baik. Hingga menit akhir Indonesia berhasil mempertahankan skor kemenangan, dan akan kembali bertanding di Leg kedua piala AFF 2016 melawan Thailand pada tanggal 17 Desember 2016 di Stadion Rajamangala, Bangkok.

Hadir dalam acara Nobar tersebut, Danguspurlatim Laksma TNI Dadi Hartanto, M.Tr. (Han)., para Pejabat Utama Koarmatim, para Komandan Satuan Jajaran Koarmatim dan seluruh prajurit Koarmatim.

Kadispenarmatim Letkol Laut (KH) Maman Sulaeman

KEMENANGAN 2-1 INDONESIA ATAS THAILAND RAMAIKAN SUASANA KOARMATIM