KOARMATIM - Komando Armada RI Kawasan Timur - TNI Angkatan Laut

KELUARGA BESAR SATKAT KOARMATIM ADAKAN BUKA PUASA BERSAMA

By 15 Jun 2017 04:12Berita Umum
15 KELUARGA BESAR SATKAT KOARMATIM ADAKAN BUKA PUASA BERSAMA1

Surabaya, 15 juni 2017

Bertempat di rumah jabatan Komandan Satuan Kapal Cepat (Dansatkat) Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim) Kolonel Laut (P) Rudhi Aviantara I, S.E., M.Si., M.Tr.(Han) didampingi Ny. Rudi Aviantara selaku Ketua Cabang 8 Daerah Jalasenastri Armada Timur (DJAT), mengadakan acara Buka Puasa dan Sholat Maghrib berjamaah.  Di ikuti oleh seluruh prajurit dan keluarga besar Satkatarmatim sekaligus dilaksanakan acara pelepasan prajurit Satkatarmatim yang akan memasuki masa pensiun. Rabu (14/06/2017)

      15 KELUARGA BESAR SATKAT KOARMATIM ADAKAN BUKA PUASA BERSAMA2  Acara diawali dengan kegiatan foto bersama di depan rumah jabatan (Rumjab) dilanjutkan sambutan Dansatkat, dalam sambutannya Komandan Satkatarmatim mengajak kepada  seluruh prajurit jajaran Satkat Koarmatim tentang pentingnya selalu berbuat kebaikan dalam menjalani kehidupan duniawi pada umumnya dan dalam mengabdi kepada bangsa dan negara , TNI dan TNI AL pada khususnya. Untuk menambah pahala sebagai bekal di akhirat kelak , Prajurit Satkat Koarmatim harus berusaha keras melakukan amal perbuatan yang baik secara ikhlas. Amal perbuatan perlu digerakkan dan ditingkatkan dimulai dari hati, kemudian terungkap melalui lidah kita dan kemudian anggota tubuh kita.

          Lanjutnya, selain ikhlas diperlukan usaha dan keseriusan untuk melakukan amalan-amalan antara lain, Amalan Hati dengan cara membersihan hati kita dari sifat-sifat buruk serta selalu menjaga kesucian hati. Ciptakan sifat-sifat sabar dan tawakal, penuh takut dan selalu mengharap kepada Allah SWT. Jauhi sifat tamak, kikir, prasangka buruk dan sebagainya.

Amalan Lidah dengan memperbanyak membaca Al-Qur’an, dzikir, bertasbih, tahlil, takbir, istighfar, mengirim salam dan sholawat kepada Rasulullah dan mengajak orang   lain   untuk berbuat kebaikan serta melarang kemungkaran. Terakhir adalah amalan anggota Tubuh dengan cara melaksanakan kepatuhan dalam sholat, pengorbanan untuk bersedekah, perjuangan untuk berhaji hingga disiplin untuk sholat berjamaah di masjid.

Dalam acara tersebut juga diisi Tausiyah atau kultum  menjelang Buka Puasa oleh Mayor Laut (KH) Ade Jaeni, S.Ag., Kasidalminpers Satkatarmatim menyampaikan, bahwa Puasa merupakan ibadah  yang diwajibkan oleh Allah terhadap umat islam dan juga pada umat terdahulu. Dimana puasa sebagai perwujudan rasa syukur dan bentuk bukti kepatuhan serta ketulusan  seorang hamba terhadap Allah , melalui ibadah puasa dibulan ramadhan diharapkan dapat mengaplikasikan dalam kehidupan sehari – hari baik di kedinasan maupun diluar kedinasan. Begitu pula amalan yang di anjurkan di bulan ramadhan adalah salah satunya  memperbanyak shodaqoh dan infaq yang mana pahalanya akan dilipat gandakan serta amalan tersebut akan dijadikan sebagai naungan disaat manusia menunggu hisab di hari pembalasan akhirat.

Selesai tausyiah dilanjutkan doa dan sholat Magrib berjamaah serta buka puasa bersama. Dalam kesempatan itu juga Komandan Satkatarmatim  didampingi Ny. Rudhi Aviantara  memberikan Cinderamata dan bingkisan kepada Pelda Lis Sutamin dan Pelda Kom Hadimun yang akan memasuki masa pensiun dan sudah berdinas selama 32 tahun.

Diakhir acara Dansatkat memberikan bingkisan lebaran berupa sembako kepada seluruh prajurit Satkat Koarmatim. Hadir pada acara tersebut  para Perwira Staf, Dan KRI unsur Satkat, seluruh prajurit Satkatarmatim serta  ketua Ranting A sampai K Cabang 8 DJAT.

Dispenarmatim

KELUARGA BESAR SATKAT KOARMATIM ADAKAN BUKA PUASA BERSAMA