KOARMATIM - Komando Armada II - TNI Angkatan Laut

KASKOARMADA II PIMPIN PEMBAHASAN TIGA RENCANA LATIHAN

14 KASKOARMADA II PIMPIN PEMBAHASAN TIGA RENCANA LATIHAN (1)

Koarmada II – Surabaya, 14 Agustus 2018

Kepala Staf Komando Armada (Kaskoarmada) II Laksamana Pertama TNI I.N.G. Sudihartawan, S.Pi., M.M., memimpin pembahasan rencana garis besar Latihan Pengendalian Laut TA. 2018, Latihan Tindakan Perlawanan Ranjau yang disampaikan oleh Komandan Satuan Kapal Ranjau (Dansatran) Kolonel Laut (P) Bambang Kuncoro, S.T. dan Latihan Pasukan Khusus TNI Angkatan Laut (Pasusla) TA. 2018 yang disampaikan oleh Komandan Satuan Komando Pasukan Katak (Satkopaska) Koarmada II Kolonel Laut (T) Ariyadi, S.E., bertempat di ruang rapat Panglima Koarmada II, Surabaya, Selasa (14/08/2018).

14 KASKOARMADA II PIMPIN PEMBAHASAN TIGA RENCANA LATIHAN (3)

Dansatran Koarmada II dalam penjelasannya dihadapan Kaskoarmada II terkait rencana pelaksanaan Latihan Pengendalian Laut menyampaikan, bahwa latihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan unsur-unsur pemukul dalam pengendalian laut, serta mensinergikan dengan unsur terkait sebagai unsur utama dalam rangka melaksanakan operasi pengendalian laut.

14 KASKOARMADA II PIMPIN PEMBAHASAN TIGA RENCANA LATIHAN (4)

Latihan pengendalian laut bertajuk, “Koarmada II melaksanakan operasi pengendalian laut di Koarmada II, guna memperoleh keunggulan di laut dalam rangka mendukung tugas TNI Angkatan Laut”, memiliki sasaran untuk meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan dalam hal perencanaan, pelaksanaan taktik operasi pengendalian laut dalam bentuk gugus tugas, serta meningkatnya kemampuan personel dalam hal Proses Pengambilan Keputusan Militer (PPKM) dalam operasi pengendalian laut. Pelaksanaan Latihan Pengendalian Laut Tahun 2018 berupa geladi posko bertempat di Kolat Koarmada II pada minggu keempat bulan Agustus 2018.

14 KASKOARMADA II PIMPIN PEMBAHASAN TIGA RENCANA LATIHAN (2)

Dansatran Koarmada II juga menyampaikan penjelasan terkait dengan rencana garis besar Latihan Tindakan Perlawanan Ranjau. Mengacu pada pelaksanaan latihan tindakan perlawanan ranjau sebelumnya yang berlangsung pada tahun 2002. Terdapat banyak kekurangan pada pelaksanaan latihan tersebut antara lain belum tercapainya sasaran latihan Peperangan Elektronika unsur-unsur yang terlibat, kurangnya waktu perencanaan dan belum optimalnya kesiapan operasi unsur-unsur laut yang terlibat. “Hal inilah yang dijadikan bahan evaluasi pelaksanaan latihan Pengendalian Laut Tahun 2018, yang rencananya akan dilaksanakan pada akhir bulan Agustus 2018”, pungkas Dansatran Koarmada II.

Pada kesempatan yang sama, Dansatkopaska Koarmada II juga menyampaikan rencana garis besar pelaksanaan Latihan Pasukan Khusus TNI Angkatan Laut yang bertemakan, “Koarmada II menyelenggarakan latihan integrasi pasukan khusus TNI Angkatan Laut TA. 2018 di wilayah Surabaya dan sekitarnya dalam rangka mendukung tugas TNI Angkatan Laut”. Latihan Pasusla Tahun 2018 yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan, keterampilan dan kesiapan Prajurit Pasukan Khusus TNI Angkatan Laut serta uji doktrin dalam melaksanakan tugas TNI Angkatan Laut.

Menurut Dansatkopaska Koarmada II, Latihan Pasusla tersebut memiliki sasaran antara lain terbinanya kemampuan, keterampilan dan kesiapan prajurit dalam melaksanakan tugas khusus, tercapainya pemahaman tentang teknik dan prosedur dalam pelaksanaan tugas khusus, tercapainya pola pikir dan pola tindak yang sama antar pasukan khusus TNI Angkatan Laut, serta tersusunnya buku-buku petunjuk tentang latihan Pasukan Khusus TNI Angkatan Laut.

Hadir pada acara tersebut, Danguspurla Koarmada II Laksma TNI Erwin S. Aldedharma, S.E., M.M., M.Sc., Para Asisten Pangkoarmada II, Para Komandan Satuan, serta segenap Kasatker Mako Koarmada II.

 

Kadispenkoarmada II Letkol Laut (KH) Suratno, S.S.

 

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Berita Sosial Berita Umum Berita Operasi Berita Latihan Berita Olah Raga
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

KASKOARMADA II PIMPIN PEMBAHASAN TIGA RENCANA LATIHAN