KOARMATIM - Komando Armada II - TNI Angkatan Laut

KASKOARMADA II BRIEFING UNSUR DAN PELAKU LATSAR DI LAUT KOARMADA II

26_KASKOARMADA_II_BRIEFING_UNSUR_DAN_PELAKU_LATSAR_DI_LAUT_KOARMADA_II_3

Koarmada II – Surabaya, 26 Juli 2018

Kepala Staf Komando Armada (Kaskoarmada) II Laksamana Pertama TNI I N.G. Sudihartawan, S.Pi., M.M., mewakili Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II Laksamana Muda TNI Didik Setiyono, S.E., M.M., melaksanakan briefing kepada seluruh unsur dan pelaku Latihan Search and Rescue (SAR) di Laut Tahun 2018, bertempat di Gedung Panti Tjahaja Armada (PTA) Koarmada II, Ujung Surabaya. Kamis (26/07/2018).

26_KASKOARMADA_II_BRIEFING_UNSUR_DAN_PELAKU_LATSAR_DI_LAUT_KOARMADA_II_2TNI sebagai alat Negara di bidang pertahanan memiliki tugas yang dijalankan berdasarkan kebijakan dan keputusan politik Negara. Dalam menjalankan tugasnya tersebut, TNI melaksanakannya melalui dua operasi militer yaitu Operasi Militer Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP). OMSP adalah operasi yang disiapkan dalam rangka menghadapi kegiatan-kegiatan ataupun ancaman-ancaman nonmiliter.

Dalam mengaktualisasi tugas TNI melalui OMSP tersebut, TNI selalu berkontribusi melalui dukungan kepada lembaga-lembaga Pemerintah yang mengalami kendala dan hambatan dalam menjalankan tugasnya. Salah satunya peran TNI adalah keikutsertaan TNI untuk membantu pencarian dan pertolongan dalam kecelakaan atau bencana.

26_KASKOARMADA_II_BRIEFING_UNSUR_DAN_PELAKU_LATSAR_DI_LAUT_KOARMADA_II_4Pangkoarmada II dalam sambutannya yang dibacakan Kaskoarmada II menyampaikan, kegiatan latihan SAR TNI Angkatan Laut yang diselenggarakan oleh Koarmada II ini merupakan salah satu kegiatan pembinaan kemampuan prajurit untuk meningkatkan profesionalisme dan kesiapsiagaan unsur, serta meningkatkan kerjasama antar istansi khususnya dalam melaksanakan SAR di Laut.

“Latihan merupakan salah satu kebutuhan satuan operasi, dengan latihan SAR diharapkan para peserta latihan dapat memahami prosedur dan mampu melaksanakan pencarian dan pertolongan terhadap korban kecelakaan di laut”, kata Pangkoarmada II.

26_KASKOARMADA_II_BRIEFING_UNSUR_DAN_PELAKU_LATSAR_DI_LAUT_KOARMADA_II_5Mengakhiri sambutannya, Pangkoarmada II menyampaikan sangat mengapresiasi terhadap kegiatan latihan SAR tersebut. “Mengingat pentingnya kegiatan ini, saya harap peserta dapat mengikutinya dengan baik, sehingga apa yang disampaikan dalam briefing ini akan mampu menunjang pelaksanakan tugas dan meningkatkan profesionalisme para peserta latihan”, pungkas Pangkoarmada II.

26_KASKOARMADA_II_BRIEFING_UNSUR_DAN_PELAKU_LATSAR_DI_LAUT_KOARMADA_II_6Hadir pada acara tersebut, Para Aisisten Pangkoarmada II, Para Komandan Satuan, Para Kasatker Mako Koarmada II, Dansatkat Koarmada II Kolonel Laut (P) Wawan Trisatya Atmaja, S.E. selaku Dansatgas Latsar 2018, Perwakilan Polair Polda Jatim, Perwakilan Kantor SAR Jawa Timur, Perwakilan Bea Cukai Tg. Perak, Perwakilan KPLP Tg. Perak, serta seluruh peserta Latsar di Laut tahun 2018.

 

Kadispenkoarmada II Letkol Laut (KH) Suratno, S.S.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

KASKOARMADA II BRIEFING UNSUR DAN PELAKU LATSAR DI LAUT KOARMADA II