KOARMATIM - Komando Armada RI Kawasan Timur - TNI Angkatan Laut

KASARMATIM TUTUP TMMD KE-97 TAHUN 2016

By 19 Oct 2016 08:48Berita Umum
19-kasarmatim-tutup-tmmd-ke-97-1

Surabaya, 19 Oktober 2016

Kepala Staf Koarmatim (Kasarmatim) Laksamana Pertama (Laksma) TNI I.N.G Ariawan,S.E.,M.M., mewakili Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda (Laksda) TNI Darwanto, S.H.,M.A.P., secara resmi menutup pelaksanaan TMMD wilayah Jawa Timur yang bertempat di Alun-alun Raden Bagus Asra (RBA) Bondowoso, Jawa Timur (Jatim), Rabu (19/10/2016).

19-kasarmatim-tutup-tmmd-ke-97Lebih kurang satu bulan lamanya para prajurit TNI, Pemerintah Daerah dan segenap komponen masyarakat telah bekerja sama dengan penuh kebersamaan dengan dilandasi semangat kegotongroyongan dan kemanunggalan menyelesaikan program TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-97 bertemakan, “Dengan semangat Kemanunggalan dan kebersamaan lintas sektoral serta lintas komponen Bangsa kita tingkatkan percepatan pembangunan di Daerah guna meningkatkan kesejahteraan rakyat”.

Di Dusun Kepek Desa Solor Kecamatan cerme Kabupaten Bondowoso yang dilaksanakan sejak 20 September 2016 telah berhasil membuat Telford jalan sepanjang 900 M, Rabat Beton sepanjang 75 M, Pembuatan plengsengan sepanjang 96 M, Pengurukan tanah sepanjang 27 M, Pengeprasan jalan sepanjang 547,64 M, Pembuatan 1 unit Pos Kamling, Pembuatan 1 unit Gapura, Pembuatan 2 unit MCK serta Pemasangan 2 unit dueker.

Pada kesempatan tersebut, Kasarmatim membacakan amanat Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Mulyono selaku Penanggung Jawab Operasional TMMD ke-97. Dalam amanatnya Kasad menyampaikan, kegiatan TMMD merupakan sinergitas yang positif TNI dan Masyarakat dalam mengatasi berbagai permasalahan yang dihadapi bangsa pada masa sekarang ini, salah satu diantaranya ialah dengan membantu Pemda dalam menyiapkan dan memperbaiki Infrastruktur serta mengakselerasi program Pemda yang sangat dibutuhkan masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan bersama.

19-kasarmatim-tutup-tmmd-ke-97-2Lanjutnya, Program TNI Manunggal Membangun Desa ini telah dimulai sejak tahun 1980-an dengan sebutan Program ABRI Masuk Desa (AMD). Setelah melalui berbagai evaluasi dan penyempurnaan, program TMMD yang telah berlangsung selama lebih kurang 35 tahun ini, semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Program TMMD masih sangat dibutuhkan, mengingat sebagian besar wilayah Indonesia merupakan daerah pedesaan, TMMD ke-97 tahun 2016 ini telahmenyelesaikan sebanyak 165 sasaran fisik berupa pembangunan dan perbaikan Infrastruktur yang tersebar diberbagai wilayah Kodam diseluruh Indonesia, diantaranya ialah pembangunan sarana transportasi berupa pembangunan jalan baru pembuatan jalan makadam, rabat jalan peningkatan jalan, betonisasi jalan, sememsasi serta penimbunan, pelebaran dan pengerasan jalan.

 Selain itu,TMMD tahun ini juga melaksanakan pembangunan Infrastruktur lainnya yaitu pembuatan dan rehab jembatan pembuatan tanggul dan gorong-gorong Pembangunan halte, pembuatan Pos Kamling, pembuatan sarana olah raga serta renovasi dan pembangunan rumah ibadah serta sekolah. Termasuk juga pembangunan sarana sanitasi dan pusat- pusat kegiatan masyarakat.

Pelaksanaan upacara penutupan TMMD ke-97 dihadiri oleh Bupati Bondowoso Drs. H. Amin Said Husni, Danrem 083/Bdj Kolonel (Inf) Wachid Apriliyanto, Dandim 0822 Bondowoso Letkol (Arh) Sudrajat, S.H., serta Jajaran  TNI/Polri Kab. Bondowoso dan Jajaran SKPD Kab. Bondowoso.

Kadispenarmatim Letkol Laut (KH) Maman Sulaeman

KASARMATIM TUTUP TMMD KE-97 TAHUN 2016