KOARMATIM - Komando Armada RI Kawasan Timur - TNI Angkatan Laut

KASARMATIM LAKSANAKAN PERSEMBAHYANGAN HARI SUCI PAGAR WESI

By 21 Mar 2018 15:58Berita Umum
21 KASARMATIM LAKSANAKAN PERSEMBAHYANGAN HARI SUCI PAGAR WESI (2)

KOARMATIM – Surabaya, 21 Maret 2018

Kepala Staf Koarmatim (Kasarmatim) Laksamana Pertama (Laksma) TNI I.N.G. Sudihartawan, S.Pi, M.M., melaksanakan persembahyangan hari Suci Pagar Wesi dan dilanjutkan Dharma Santhi Nyepi tahun baru saka 1940/2018M, yang dipandu oleh Mangku Laby Peltu (Purn) bertempat di Pura Jala Wira Dharma Koarmatim, Ujung, Surabaya, Rabu (21/03/2018).

21 KASARMATIM LAKSANAKAN PERSEMBAHYANGAN HARI SUCI PAGAR WESI (3)

Mengawali sambutanya Kasarmatim menyampaikan hari raya nyepi tahun baru saka 1940/2018 M, sangat istimewa sesuai keputusan PHDI pusat NO: 07/SP/PHJD/XII/2017, tentang pelaksanaan Upacara Suci Hari Raya Nyepi  Tahun Baru Saka 1940/2018 M, yang bertepatan dengan hari raya suci Saraswati jatuh pada tanggal 17 Maret 2018 kemarin, di rayakan serentak di seluruh Indonesia.

21 KASARMATIM LAKSANAKAN PERSEMBAHYANGAN HARI SUCI PAGAR WESI (1)

Perayaan hari raya nyepi sebagai perwujudan pengamalan ajaran agama, dengan menjalankan Catur Brata penyepian, adapun tema hari raya nyepi bertemakan melalui Catur Brata  penyepian kita tingkatkan soliditas sebagai  perekat keberagaman dalam menjaga keutuhan dan pemilihan tema ini sejalan dengan keinginan bersama demi terwujudnya kerukunan dan kedamaian dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yang berdasarkan Pancasila serta mengingatkan kita betapa pentingnya persatuan demi  kokohnya NKRI.

21 KASARMATIM LAKSANAKAN PERSEMBAHYANGAN HARI SUCI PAGAR WESI (4)

Setelah melaksanakan Catur Brata penyepian pada hari rabu tanggal 21 Maret 2018, personel TNI AL kotama Surabaya melaksanakan Dharma Santhi, adapun makna dari Dharma Santhi  yang berarti saling mengasihi antar sesama, silaturrahmi atau simakrama dalam persaudaraan dan meningkatkan Sradha dan Bhakti kita kepada Sang Hyang Widhi Wasa, yang dalam ajaran agama Hindu  dikenal dengan TAT TWAM ASI, aku adalah kamu, kamu adalah aku.

Kasarmatim berpesan melalui perayaan hari raya nyepi hendaknya  dapat dijadikan momentum guna mengaktualisasikan nilai Catur Brata penyepian, untuk meningkatkan pengendalian diri dan kepedulian terhadap sesama guna mewujudkan kerukunan dan kedamaian bagi segenap bangsa Indonesia yang hidup dalam keberagaman demi tegaknya  kesatuan NKRI.

Hadir dalam acara tersebut seluruh Prajurit yang beragama Hindhu  Wilayah Surabaya dan Taruna Akademi Angkatan Laut(AAL).

 

Kadispenarmatim Letkol Laut (KH) Suratno, S.S.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

KASARMATIM LAKSANAKAN PERSEMBAHYANGAN HARI SUCI PAGAR WESI