KOARMATIM - Komando Armada RI II - TNI Angkatan Laut

JALASENASTRI CABANG 6 BERIKAN VITAMIN A DI TK HANG TUAH KUNCUP HARAPAN 21 BANYUWANGI

120218 Bwi Vitamin A-1

Lantamal V (12/2),—

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Banyuwangi Lantamal V Letkol Laut (P) Suhartaya, M.Tr.Hanla dengan didampingi Ketua Cabang 6 Korcab V Daerah Jalasenastri Armada Timur Ny. Suhartaya dan kepala sekolah TK Hang Tuah Kuncup Harapan 21 Lanal Banyuwangi  Sri Wahyuni memberikan Vitamin A kepada 65 siswa, Senin (12/2/2018).

120218 Bwi Vitamin A-3

Bulan Februari dan Agustus dikenal sebagai Bulan Vitamin A, dimana seluruh anak yang berusia 6 bulan sampai 59 bulan akan mendapatkan vitamin A gratis di Posyandu atau Puskesmas. Termasuk siswa siswi Hang Tuah Kuncup Harapan 21.

120218 Bwi Vitamin A-4

Menurut data WHO, diperkirakan terdapat 250 juta anak pra-sekolah di seluruh dunia mengalami kekurangan vitamin A. Setiap tahun terdapat sekitar 250.000 – 500.000 anak mengalami kebutaan dan separuh anak ini kemudian meninggal dalam jangka waktu 12 bulan akibat kekurangan vitamin A.

Di Indonesia program suplementasi vitamin A aktif dikampanyekan sejak tahun 1970-an dan masih terus digalakkan hingga saat ini.

Vitamin A atau retinol adalah salah satu vitamin yang larut dalam lemak, di dalam tubuh disimpan di hati. Vitamin A berfungsi dalam proses pembentukan dan pertumbuhan sel darah merah, sel limfosit dan antibodi sehingga berperan dalam sistem kekebalan tubuh.

Vitamin A juga bermanfaat bagi kesehatan mata dan kulit, menjaga kesehatan mukosa saluran pernafasan, berperan dalam proses perkembangan embrio dan reproduksi. Vitamin A juga merupakan antioksidan kuat yang dapat menangkal radikal bebas berbahaya bagi tubuh.

Pemberian vitamin A pada anak memberikan berbagai manfaat, diantaranya mengurangi angka kesakitan, mengurangi angka kematian akibat infeksi campak, diare, mencegah rabun senja, xeroftalmia, kerusakan kornea dan kebutaan, meningkatkan kekebalan tubuh terhadap serangan infeksi, serta mencegah anemia.

Vitamin A ini diberikan secara gratis dan dapat diperoleh di seluruh sarana fasilitas kesehatan (rumah sakit, puskesmas, puskesmas  pembantu (Pustu), polindes/poskesdes, balai pengobatan, praktek dokter/bidan swasta), posyandu, sekolah Taman Kanak-kanak, Pos PAUD termasuk kelompok bermain, tempat penitipan anak, dan sebagainya, termasuk juga Hang Tuah Kuncup Harapan 21.

Berbagai reaksi yang muncul dari siswa ketika akan diberikan Vitamin A ini.  Ada yang takut, ada yang malu-malu, ada yang ngambek dan ada juga dengan semangat minta segera diberi.

Usai memberikan Vitamin kepada siswa-siswi Hang Tuah Kuncup Harapan 21 Lanal Banyuwangi, Komandan Lanal tidak lupa memberikan Apresiasi kepada TK Hang Tuah 21 dalam Festival Drumband (Kejurkab) 2018, dapat menyumbangkan 5 piala dari lima jenis lomba yang dipertandingkan.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

JALASENASTRI CABANG 6 BERIKAN VITAMIN A DI TK HANG TUAH KUNCUP HARAPAN 21 BANYUWANGI