KOARMATIM - Komando Armada II - TNI Angkatan Laut

JAGA KEBUGARAN TUBUH, PETSONEL LANAL DENPASAR JALANI TES KESEGARAN JASMANI

120318 Dps Tes Garjas-2

Lantamal V (12/3),—

Salah satu cara untuk menguji kemampuan, memantau kebugaran  dan kesehatan prajurit, Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Denpasar Lantamal V menggelar tes Kesegaran Jasmani periode pertama bagi seluruh prajurit dan PNS jajaran Lanal Denpasar, di Mako Lanal Denpasar Jalan Raya Sesetan 331 Denpasar Bali, Senin (12/3).

120318 Dps Tes Garjas-1

Salah satu fungsi dari tes kesegaran jasmani antara lain menguji kesiapan dan kebugaran bagi personil TNI AL yang berdinas di Lanal Denpasar untuk memiliki kesamaptaan yang baik diharapkan nantinya dapat mendukung keberhasilan pelaksanaan tugas yang diemban dimasa yang akan datang.

Tes kesegaran jasmani yang digelar dua kali dalam setahun ini, wajib hukumnya diikuti seluruh personil baik prajurit maupun PNS TNI AL dilingkungan Lanal Denpasar. Periode pertama digelar antara Januari hingga Juli dan periode ke-2 di gelar antara Juli hingga Desember.

120318 Dps Tes Garjas-3

Tes kesamaptaan jasmani yang diikuti lebih kurang 100 orang meliputi batere A ( lari 12 menit) dan batere B (pull up, sit up, push up, dan shuttle run).

Sebelum melaksanakan tes samapta terlebih dahulu dilaksanakan pengecekan kesehatan oleh anggota Balai Kesehatan (BK) Lanal Denpasar yaitu dengan mengecek tekanan darah atau tensi bagi seluruh peserta samapta setelah itu dilaksanakan peregangan dan pemanasan yang dipimpin oleh anggota Binjas.

Tes kesegaran jasmani ini merupakan salah satu tolak ukur sejauhmana pembinaan yang dilakukan satuan terhadap personil dijajarannya. Pembinaan kesegaran jasmani ini juga merupakan salah satu bentuk kesejahteraan yang diberikan dinas kepada seluruh personil TNI dan PNS.

Baiknya pembinaan salah satuanya dapat dilihat dari tingkat kesiapan personel di satuan  tersebut dalam pelaksanaan tugas, terlaksananya tugas dengan baik itu ditunjang dengan kebugaran dari personil pengawaknya.

Tes kesegaran jasmani merupakan suatu bentuk evaluasi pembinaan bagi prajurit, sejauh mana hasil pembinaan fisik yang selama ini dilaksanakan dan untuk menjaga kebugaran setiap harinya.

Selain merupakan program rutin yang dilakukan setiap 6 bulan sekali, kegiatan ini juga merupakan salah satu persyaratan bagi anggota Lanal Denpasar yang akan mendapatkan kenaikan pangkat serta dalam pengurusan cuti tahunan yang pelaksanaannya dibagi menjadi dua semester.

Namun yang terpenting adalah bagaimana anggota Lanal Denpasar dapat memelihara kesegaran dan kesiapan fisik sehingga dalam menghadapi setiap tugas-tugasnya serta dalam mendukung kegiatan dan tugas yang diembannya dapat berjalan dengan lancar.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

JAGA KEBUGARAN TUBUH, PETSONEL LANAL DENPASAR JALANI TES KESEGARAN JASMANI