KOARMATIM - Komando Armada RI Kawasan Timur - TNI Angkatan Laut

INFORMASI UNTUK WARTAWAN YANG INGIN JOYSAILING BERSAMA MANTAN KOMANDAN KRI DEWARUCI

By 26 Jul 2017 09:30Berita Umum
1313074191755735760

KOARMATIM-Surabaya, 26 Juli 2017

Di informasikan kepada wartawan cetak maupun elektronik, bahwa di buka kesempatan mengikuti Joysailing KRI Dewaruci dari Pangkalan Koarmatim bersama para mantan Komandan KRI Dewaruci. Daftarkan diri paling lambat tanggal 10 Agustus 2017 di Dispen Koarmatim.

KRI Dewa Ruci yang usia pengabdiannya telah melampaui 60 tahun dipandang sudah mencapai batas usia. Selain menyandang peran sebagai kapal latih bagi taruna AAL (Akademi Angkatan Laut), keberadaan KRI Dewa Ruci selama ini juga mengemban misi strategis, terutama perannya sebagai duta bangsa dalam membangun komunikasi yang intens antar negara sahabat lewat kunjungan muhibah.

Selain dirancang lebih canggih, penerus Dewa Ruci juga punya dimensi dan kapasitas lebih besar. KRI Bima Suci punya kecepatan maksimal 12 knot jika menggunakan daya dorong mesin dan 15 knot jika menggunakan layar. Sementara itu untuk tingkat endurance (ketahanan berlayar tanpa mengisi BBM) dapat mencapai 30 hari. Kapal layar tiang tinggi ini dilengkapi dengan 5 dek, 7 kompartemen, dan 48 blok.

Dari segi kapasitas, kapal ini dapat menampung 120 taruna dengan 80 awak kapal. Jumlah layar keseluruhan ada 26 buah, lebih banyak dari KRI Dewa Ruci dengan 16 buah layar. Jika di KRI Dewaruci tidak terdapat ruang kelas, maka KRI Bimasuci menyediakan ruang kelas secara khusus sebagai tempat belajar para taruna AAL saat berlatih dalam operasi Kartika Jala Krida. Ruang kelas yang tersedia mampu memuat 100 orang taruna.

Dispenarmatim

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

INFORMASI UNTUK WARTAWAN YANG INGIN JOYSAILING BERSAMA MANTAN KOMANDAN KRI DEWARUCI