KOARMATIM - Komando Armada RI Kawasan Timur - TNI Angkatan Laut

HELANG LAUT 18B/17, GELAR LATMA TNI ANGKATAN LAUT DENGAN TENTARA LAUT DIRAJA BRUNEI

By 22 Nov 2017 10:25Berita Operasi
22_HELANG_LAUT_18B_17___GELAR_LATMA_TNI_ANGKATAN_LAUT_DENGAN_TENTARA_LAUT_DIRAJA_BRUNEI.1docx

KOARMATIM – Surabaya, 22 Nopember 2017

Latihan Bersama (Latma) antara TNI Angkatan Laut dan Tentara Laut Diraja Brunei (TLDB) merupakan implikasi dari kerja sama bidang pertahanan antara Tentara Nasional Indonesia (TNI) dengan Angkatan Bersenjata Diraja Brunei (ABDB). Latihan yang diselenggarakan setiap setahun sekali bertujuan untuk mempererat hubungan kerja sama kedua negara melalui kegiatan latihan yang bertajuk Helang Laut 18B/17. Rabu (22/11/2017).

          22_HELANG_LAUT_18B_17___GELAR_LATMA_TNI_ANGKATAN_LAUT_DENGAN_TENTARA_LAUT_DIRAJA_BRUNEI.4docx

Komandan KRI Raden Eddy Martadinata (REM)-331 Kolonel Laut (P) Agam Endrasmoro menyampaikan bahwa, upacara pembukaan latihan bersama Helang Laut 18B/17 antara TNI Angkatan Laut dan Tentara Laut Diraja Brunei (TLDB) merupakan kerja sama yang sudah lama terjalin. Bagi internal awak kapal, latihan ini bertujuan agar setiap ABK paham akan tugas dan tanggung jawab masing-masing, serta untuk meningkatkan kemampuan, ketrampilan dan pengetahuan ABK secara individu maupun kelompok.  Sedangkan tujuan latihan yang lebih luas adalah meningkatkan dan mempererat hubungan kerja sama antara TNI AL dengan TLDB dalam interoperability melalui latihan bersama.

          22_HELANG_LAUT_18B_17___GELAR_LATMA_TNI_ANGKATAN_LAUT_DENGAN_TENTARA_LAUT_DIRAJA_BRUNEI.2docx

Lanjutnya, kegiatan Latma Helang Laut 18B/17 akan berlangsung tanggal 22 s.d. 25 November 2017 melibatkan unsur TNI AL yaitu KRI Raden Eddy Martadinata-331 dan Tentara Laut Diraja Brunei yaitu KDB Daruttagwa 09. Serial-serial latihan seperti Screenex, Plotting exercise, Flashex, Pubex, Formation Execise, DC Exercise, RAS Approach, Bordex, SAG Procedure dan Gunex dimulai setelah kedua unsur keluar dari wilayah teritorial Thailand yang baru saja mengikuti event 50th ASEAN IFR 2017 di Thailand. Latihan Helang Laut akan berakhir di Sabangmawang, Ranai Indonesia. “Saya berharap selama manuver lapangan, seluruh serial dapat terlaksana sesuai jadwal yang telah disusun dan semoga cuaca di laut tetap mendukung kelancaran pelaksanaan latihan bersama ini”, harap Kolonel Laut (P) Agam.

        22_HELANG_LAUT_18B_17___GELAR_LATMA_TNI_ANGKATAN_LAUT_DENGAN_TENTARA_LAUT_DIRAJA_BRUNEI.3docx

  Sebelum mengakhiri amanat, Komandan KRI REM-331 menyampaikan beberapa perhatian demi kelancaran dan keberhasilan kegiatan latihan, diantaranya adalah awali setiap kegiatan dengan berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa, yang kedua selalu perhatikan Standart Operational Procedure (SOP) dan Helang Laut Standart Exercise Procedure (HELSEPS). Selanjutnya tepati setiap jadwal yang sudah disepakati bersama, jika ada kesulitan selama latihan segera sampaikan ke unsur kawan. Keempat perhatikan aturan-aturan dalam bernavigasi dal berolah-gerak di laut lepas. Dan yang terakhir selalu perhatikan keamanan dalam melaksanakan segala kegiatan dengan mengutamakan “Savety is Paramount” yaitu keamanan adalah hal yang terpenting.

Kadispenarmatim Letkol Laut (KH) Suratno, S.S.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

HELANG LAUT 18B/17, GELAR LATMA TNI ANGKATAN LAUT DENGAN TENTARA LAUT DIRAJA BRUNEI