KOARMATIM - Komando Armada II - TNI Angkatan Laut

GIAT BINTAL JUANG REMAJA BAHARI TAHUN 2018 DI LANAL MAUMERE

IMG-20180707-WA0031

Lanal Maumere – Bertempat di Dermaga Pelabuhan Laurentius Say Maumere, Komandan Lanal Maumere, Kolonel Marinir Sumantri beserta unsur Forkopimda Kabupaten Sikka menerima kedatangan Satgas BJRB Lantamal VII Kupang yang ditandai dengan penyajian tarian tradisional Hegong dan pengalungan selendang secara simbolis kepada Dansatgas BJRB Lantamal VII Kupang, Kolonel Marinir Sugiharto serta kepada Komandan KRI Multatuli-561 Kolonel Laut (P) Rizky Hariastoto. Jumat (06/07/2018)

IMG-20180710-WA0036

BJRB atau Bintal Juang Remaja Bahari merupakan kegiatan tahunan TNI AL yang dilaksanakan Lantamal untuk mengisi liburan sekolah pelajar setingkat SD/SMP/SMA dengan kegiatan positif dan bermanfaat serta bertujuan untuk meningkatkan pembinaan mental rohani, ideologi dan mental juang semangat jiwa bahari.

 

Hal tersebut juga disampaikan oleh Aspotmar Lantamal VII Kupang selaku Dansatgas BJRB 2018 pada kesempatan wawancara dengan media massa yang dilaksanakan di lounge room KRI Multatuli-561 yang diawaki oleh sekitar 60 personel tersebut..

 

Kegiatan BJRB tahun 2018 yang dikuti oleh 567 siswa/siswi tingkat SD, SLTP dan SLTA sederajat yang ada di Kupang, 22 orang anggota Saka Bahari Lantamal VII, 46 orang panitia serta 13 orang peserta pendukung. tersebut  dengan mengambil tema “Dalam Rangka Membentuk Sikap Mental, Kejuangan, Jiwa Bahari dan Semangat Pengabdian yang Tinggi Dengan Dilandasi Oleh Nilai-Nilai Pancasila”. .

IMG-20180706-WA0156

Jadwal kegiatan pada pelaksanaan BJRB yang berlangsung pada tanggal 6 hingga 8 Juli 2018 sebagaimana disampaikan oleh Aspotmar Lantamal VII  diantaranya, kegiatan pembekalan kepada peserta tentang Pembinaan Jiwa Kebaharian, Kehidupan di Kapal Perang Republik Indonesia, Ideologi Pancasila, Pencegahan Kenakalan Remaja, Bahaya Narkoba, Hindari Pergaulan Bebas serta sesi Pentas Seni dan kegiatan Kerohanian sesuai dengan agama masing masing.

 

Kemudian, para peserta BJRB juga mengikuti beberapa program kegiatan yang telah disusun oleh Komandan Lanal Maumere diantaranya, melaksanakan Courtesy Call kepada Pejabat Harian Bupati Sikka beserta unsur Forkopimda Kabupaten Sikka yang dilaksanakan di Hall Gedung Gloria Wedding Maumere, selanjutnya, para peserta melaksanakan kegiatan rekreasi bahari berupa renang laut, bermain sepeda air, senorkeling serta event penanaman bibit pohon waru, pohon ketapang serta pelepasan bibit lobster yang secara keseluruhan dilaksanakan di areal Dermaga Lanal Maumere.

 

Sedangkan dua kegiatan lainnya yakni Bhakti Sosial yang dilaksanakan oleh Tim Kesehatan Diskes Lantamal VII Kupang dan Balai Kesehatan Lanal Maumere serta kegiatan bersih bersih pantai diakomodir oleh Danlanal Maumere untuk pelaksanaannya di Desa Nangahure yakni wilayah desa pesisir yang berdekatan letaknya dengan wilayah Lanal Maumere.

 

Dengan terselenggaranya rangkaian kegiatan di lingkungan Lanal Maumere tersebut,  Komandan Lanal Maumere berharap, disamping secara umum dapat memberikan kontribusi terhadap program kegiatan yang dilaksanakan oleh Satgas BJRB Lantamal VII Kupang dan lebih spesifik, program pelayanan kesehatan yang diberikan kepada masyarakat sekitar, serta kegiatan bersih bersih pantai dimaksud, diharapkan dapat memperkokoh tali silaturahmi yang selama ini terjalin sangat harmonis antara Lanal Maumere dengan masyarakat pesisir pantai Nangahure.

IMG-20180707-WA0041

Dengan demikian, Komandan Lanal Maumere menyatakan sependapat serta menyambut gembira atas terselenggaranya kegiatan BJRB yang dilaksanakan oleh Lantamal VII Kupang tersebut mengingat muatan yang terkandung dalam kegiatan BJRB tersebut diantaranya adalah untuk menanamkan jiwa bahari pada generasi muda bangsa dan menyadarkan kembali bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa maritim perlu adanya upaya nyata yang aplikasinya harus dilaksanakan secara berkesinambungan.

 

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

GIAT BINTAL JUANG REMAJA BAHARI TAHUN 2018 DI LANAL MAUMERE