KOARMATIM - Komando Armada RI Kawasan Timur - TNI Angkatan Laut

FORUM KOMANDAN KRI KOARMATIM TERIMA SOSIALISASI CUES

By 14 Dec 2016 13:41Berita Umum
14-forum-komandan-kri-koarmatim-terima-sosialisasi-cues-5
Surabaya, 14 Desember 2016
Kepala Staf Koarmatim (Kasarmatim) Laksamana Pertama (Laksma) TNI I.N.G. Ariawan, S.E., M.M., menyampaikan sebagai Perwira Pelaut harus bercita-cita menjadi Komandan KRI, ujarnya mengawali kegiatan Forum Komandan KRI Koarmatim yang dilaksanakan di Puslatkaprang, Kolatarmatim, Ujung Surabaya. Rabu, (14/12/2016).
14-forum-komandan-kri-koarmatim-terima-sosialisasi-cues-3Dalam forum yang dihadiri sebanyak 60 Perwira Korps Pelaut berpangkat Letda sampai dengan Kolonel ini, Kasarmatim juga mengatakan untuk para Perwira Remaja (Paja) butuh waktu 3 tahun untuk belajar semua tentang kapal tempat dia bertugas, setelah Lettu maka waktu tersebut yang pas untuk berkeluarga, ujarnya.
         
Lanjutnya sebagai Perwira dan Komandan kita harus tetap mematuhi peraturan yang berlaku di kedinasan khususnya TNI Angkatan Laut, jaga nama baik satuan dan berikan yang terbaik selama menjalankan tugas di kapal. Selain itu, sebagai Kasarmatim seluruh prajurit harus mendukung tugas Pangarmatim dengan menjaga militansi yang kuat, spirit menghindari pelanggaran di dalam maupun di luar Ksatrian, menjaga kesehatan dan peduli akan kebersihan diri, serta lingkungan.
14-forum-komandan-kri-koarmatim-terima-sosialisasi-cues-4Selanjutnya, dalam paparan tentang sosialisasi Code for Unplanned Encounters at Sea (CUES) oleh Letkol Laut (P) Roberth selaku Pabandya Kersin Ban V Sopsal menyampaikan bahwa tujuan dari sosialisasi adalah sebagai sarana mengembangkan kerjasama  AL yang transparan dan saling menguntungkan serta memberikan ruang dalam kepemimpinan dan pandangan luas dalam membangun standar internasional tentang penggunaan laut. Dokumen ini tidak mengikat namun lebih kepada sarana memaksimalka keselamatan di laut.
         
Disamping itu, CUES memberikan standar keselamatan dan alat untuk membatasi mutual interference, ketidakpastian dan memfasilitasi komunikasi ketika kapal perang atau pesawat udara AL bertemu. Maka penggunaan CUES selain digunakan oleh AL dapat juga diaplikasikan pada kapal pemerintah yang melaksanakan Law Enforcement pada wilayah patrolinya sebagai ketentuan standar pada saat keadaan berpapasan dengan Kapal milik pemerintah negara lain (kapal perang, kapal negara, dll).
         
Hadir dalam Forum Komandan KRI diantaranya, Para Komandan Satuan Jajaran Koarmatim, Para Komandan Unsur yang berada di Pangkalan dan para Perwira Korps Pelaut Koarmatim.
Kadispenarmatim Letkol Laut (KH) Maman Sulaeman

FORUM KOMANDAN KRI KOARMATIM TERIMA SOSIALISASI CUES