KOARMATIM - Komando Armada RI Kawasan Timur - TNI Angkatan Laut

DUTA BESAR RI UNTUK LEBANON: PRAJURIT KRI TOM LAYAK DAPATKAN PENGHARGAAN PBB

By 09 Apr 2017 11:18Berita Latihan
09 DUTA BESAR RI UNTUK LEBANON (1)

 

Beirut. UN Medal Parade merupakan upacara penghargaan tertinggi dari PBB yang dianugerahkan kepada Pasukan Pemeliharaan Perdamaian yang telah melaksanakan tugas selama 90 hari berturut turut atau lebih tanpa pelanggaran. Selama melaksanakan misi di Laut Mediterania Lebanon selama kurang lebih 7 bulan, KRI Bung Tomo-357 telah menunjukkan semangat dan profesionalisme prajuritnya yang senantiasa mendapatkan apresiasi dari unsur MTF yang lain. Apresiasi yang tinggi juga disampaikan oleh Maritime Task Force Commander Rear Admiral Sergio Fernando De Amaral Chaves Junior saat  menjadi inspektur upacara penyematan UN MEDAL Prajurit Satgas Maritim TNI KONGA XXVIII-I UNIFIL  yang dilaksanakan di Port of Beirut. Kamis, (6/4/2017).

09 DUTA BESAR RI UNTUK LEBANON (1)Dalam amanatnya MTF Commander mengatakan bahwa KRI TOM selalu memberikan hasil terbaik saat menjalankan tugas maupun latihan di area operasi maritim yang ditunjukkan dengan semangat pantang menyerah dan profesionalisme para pengawaknya. Oleh karena itu, Rear Admiral Sergio Fernando De Amaral Chaves Junior sangat yakin bahwa pengalaman Prajurit KRI TOM selama mengabdi di bawah bendera UNIFIL akan memberikan manfaat dan akan menjadi preseden yang baik bagi keterlibatan Angkatan Laut Indonesia pada misi misi PBB.

Di sisi lain, Duta Besar LBBP RI untuk Lebanon H.A.CHOZIN Chumaidy dalam sambutannya saat acara resepsi UN MEDAL PARADE KRI TOM menyampaikan bahwa penghargaan dari PBB ini merupakan kehormatan sekaligus pengakuan atas performa, dedikasi dan profesionalisme para Prajurit KRI Bung Tomo-357. “Banggalah sebagai Prajurit TNI yang telah mengharumkan nama Indonesia di mata dunia. Jaga dan kibarkan Merah Putih di manapun saudara berada. Jaga dan sematkan Garuda di dada kalian dan hari ini Prajurit KRI TOM memang layak mendapatkan penghargaan dari PBB”, ucapnya.

Selesai memberikan kata sambutan, Duta Besar LBBP RI untuk Lebanon kemudian memberikan plakat sebagai bentuk apresiasi dan terima kasih kepada MTF Commander Rear Admiral Sergio Fernando De Amaral Chaves Junior, Lebanese Navy Commander Rear Admiral Majed Alwan dan kepada Komandan KRI Bung Tomo- 357 Kolonel Laut (P)Heri Triwibowo dilanjutkan dengan foto bersama dan persembahan Tari Tradisional Indonesia yaitu Tari Teruna Jaya, Tari Pitung, Tari Jaranan dan Tari saman Aceh yang ditampilkan secara anggun dan profesional oleh Prajurit Satgas Maritim TNI KONGA XXVIII-I UNIFIL.

Turut hadir pada UN MEDAL PARADE Prajurit KRI Bung Tomo-357 yaitu Duta Besar LBBP RI untuk Suriah Joko Harjanto, Atase Pertahanan Mesir Kolonel Laut  (P) M. Kemas Ikhwan Madani, DMTF COS Kolonel Laut  (P) Agus Hariyadi, Komandan Kontingen Garuda TNI UNIFIL Kolonel Inf Surya Wibawa Suparman, Deputy Commander Sector East UNIFIL, Para Komandan unsur MTF, Komandan Kontingen, para Komandan Satgas KONGA TNI UNIFIL, Staf MTF, Staf UNIFIL, Staf KBRI Lebanon serta WNI di Lebanon.

DUTA BESAR RI UNTUK LEBANON: PRAJURIT KRI TOM LAYAK DAPATKAN PENGHARGAAN PBB