KOARMATIM - Komando Armada RI Kawasan Timur - TNI Angkatan Laut

DUA KOMANDAN KRI JAJARAN SATKOR KOARMATIM MELAKSANAKAN SERAH TERIMA JABATAN DI TARAKAN

1

3

TARAKAN –  Serah terima jabatan dalam suatu organisasi merupakan hal yang sudah biasa, karena pergantian pejabat adalah bagian dari bentuk pembinaan organisasi dan personel, hal tersebut merupakan  bagian perjalanan karir setiap prajurit TNI AL sebagai implementasi dari Tour Of Duty maupun Tour Of Area. Dalam operasi gabungan Garda Nusa – 18 yang melibatkan unsur-unsur KRI bawah kendali operasi Gugus Tempur Laut Komando Armada RI Kawasan Timur (Guspurlatim) terdapat dua KRI yang melaksanakan serah terima jabatan komandan .

Pada hari Kamis (22/2/2018) pukul 09.00 Wita bertempat di dermaga umum Malundung Tarakan  telah dilaksanakan upacara sserah terima jabatan KRI Sultan Hasanuddin – 366 dan Komandan KRI Nala – 363. Bertindak selaku Inspektur Upacara adalah Kolonel Laut (P) Dato Rusman SN, S.E. yang sehari-hari menjabat sebagai Komandan Satuan Eskorta Koarmatim, dan bertindak sebagai komandan upacara adalah Mayor Laut (P) Lustia Budi serta perwira upacara dijabat oleh Letda Laut (P) Norman Yoga. Susunan pasukan upacara terdiri dari 1 peleton gabungan prajurit  KRI Sultan Hasanuddin – 366 dan 1 peleton gabungan prajurit KRI Nala – 363

2

Adapun komandan KRI yang melaksanakan serah terima jabatan adalah : Komandan KRI Sultan Hasanuddin – 366 dari Letkol Laut (P)  Bina I. Marpaung NRP.13252/P kepada Letkol Laut (P)  Cecep Hidayat, S.E., M.Si. NRP.13812/P. Kemudian Komandan KRI Nala – 363 dari Letkol Laut (P)  Andike Sry Mutia, S.Sos. NRP.13794/P kepada Letkol Laut (P) Rafael Dwinatu A.P., S.T., M.Tr.Hanla. NRP.14270/P. Pada amanatnya, inspektur upacara menyampaikan bahwa  tugas TNI AL, khususnya armada Republik Indonesia di masa mendatang penuh dengan tantangan dan memerlukan perhatian khusus, terlebih sektor kelautan yang memiliki peran penting bagi kejayaan bangsa dan negara Indonesia di masa datang. Untuk itu  setiap komandan   KRI  memiliki  tugas dan tanggung jawab yang tidak ringan sebagai pembina kesiapsiagaan dan kemampuan alutsista yang diawakinya sehingga setiap saat mampu hadir di laut untuk menegakkan   dan mempertahankan   kedaulatan serta mengamankan keutuhan wilayah perairan yuridiksi Indonesia. Hal tersebut memberikan konotasi bahwa dalam setiap operasi, kri harus didukung dengan kondisi teknis yang handal serta diawaki oleh personel  profesional yang memiliki kejuangan tinggi, sehingga perlu dipersiapkan secara cermat melalui pembinaan secara utuh menyeluruh. Tolak ukur keberhasilan seorang komandan bukan saja ditinjau dari aspek operasional saja, namun juga hasil dari pembinaan personel.

Turut hadir dalam pelaksanaan upacara tersebut Aslog Danlantamal XIII Tarakan, Komandan KAL Bunyu dan Seluruh Perwira KRI Sultan Hasanuddin-366 dan KRI Nala-363. Pukul 11.30 Wita rangkaian kegiatan upacara Sertijab selesai dilaksanakan dengan aman dan lancar.

Dispen Lantamal XIII

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

DUA KOMANDAN KRI JAJARAN SATKOR KOARMATIM MELAKSANAKAN SERAH TERIMA JABATAN DI TARAKAN