KOARMATIM - Komando Armada II - TNI Angkatan Laut

DISKUAL ADAKAN REKONSILIASI INTERNAL DI LANTAMAL VI

DSC_7568__FILEminimizer_

Makassar, Tim Rekonsiliasi Internal Dinas Keuangan TNI Angkatan Laut (Diskual) dari Markas Besar TNI Angkatan Laut (Mabesal) yang dipimpin Kepala Dinas Keuangan AL (Kadiskual) Laksamana Pertama TNI Djoko Erwan Prihatmoko, M.Tr. (Han) tiba di Lantamal VI, Senin (08/01/2018). Kedatangan Tim Rekonsiliasi tersebut diterima oleh Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut VI (Danlantamal VI) Laksamana Pertama TNI Yusup, S.E., M.M.

Pembukaan rekonsiliasi diadakan di Gedung Werving Mako Lantamal VI dan dihadiri oleh Wadan Lantamal VI Kolonel Marinir Rasman, M. Tr (Han), Para Asisten Danlantamal VI, Kafasharkan Makassar, Kaladokgi Yos Sudarso beserta para Kadis/Kasatker Lantamal VI.

Laksma TNI Yusup mengatakan Rekonsiliasi Internal Badan Keuangan, Badan Perencanaan dan Badan Logistik dalam rangka Penyusunan Laporan Keuangan Semester II Tahun Anggaran 2017 merupakan proses pencocokan data transaksi keuangan, melalui beberapa sistem atau sub sistem yang berbeda berdasarkan dokumen sumber yang sama di lingkungan Kemhan dan TNI. “Hal ini penting untuk dilaksanakan agar tercapainya tertib administrasi, kesatuan pemahaman, keseragaman dan kebenaran dalam penyusunan laopran keuangan” kata Danlantamal VI.

Lanjut Danlantamal VI, Kegiatan ini juga dimaksudkan untuk mensinkronkan penyusunan laporan keuangan dengan laporan simak BMN, “Sehingga penilaian BPK terhadap Kinerja TNI yang pada saat ini mengalami kemunduran dari semula Wajar Tanpa Pengecualian Dengan Paragraf Penjelasan (WTP DPP) menjadi Wajar Dengan Pengecualian (WDP),”Diharapkan kedepan dapat kembali memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Dalam sambutan Pembukaannya, Kadiskual menyampaikan Rekonsiliasi Internal adalah rekonsiliasi yang dilakukan secara berjenjang pada setiap tingkat unit akuntansi yang dilaksanakan di lingkungan Kemhan dan TNI. “Untuk rekonsilisasi eksternal adalah berjenjang pada setiap tingkat unit akuntansi yang dilaksanakan oleh Kemhan dan TNI dengan KPPN/DJPB/DJKN dan DJPU Kementerian Keuangan,” katanya.

Laksma TNI Djoko menjelaskan, rekonsiliasi yang dilaksanakan saat ini adalah rekonsiliasi internal, berkaitan dengan realisasi anggaran yang bersumber dari Dipa Pusat maupun Dipa Daerah. “Hal ini dimaksudkan sebagai upaya mensinkronisasikan data keuangan antara badan keuangan, badan perencanaan dan badan logistik terkait dengan realisasi pendapatan dan belanja negara, serta pelaksanaan pencatatan transaksi persediaan dan barang milik negara,” paparnya.

Kemudian acara dilanjutkan dengan pengetukan palu oleh Kadiskual sebagai penanda dimulainya acara Rekonsiliasi Internal, Badan Keuangan, Badan Perencanaan dan Badan Logistik dalam rangka Penyusunan Laporan Keuangan Semester II Tahun Anggaran 2017 di Lantamal VI.

Kegiatan yang dilaksanakan selama 2 hari sejak tanggal 08 – 09 Januari 2018 ini, diikuti para pejabat Perbendaharaan dan Perencanaan jajaran wilayah Lantamal VI s.d. XIV, Lanal Jajaran serta satuan kerja Rumah Sakit Angkatan Laut (Rumkital) Jala Ammari Lantamal VI dan RSGM Ladokgi Yos Sudarso Makassar.

DSC_7535__FILEminimizer_

DSC_7537__FILEminimizer_

DSC_7538__FILEminimizer_

DSC_7539__FILEminimizer_

DSC_7543__FILEminimizer_

DSC_7560__FILEminimizer_

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

DISKUAL ADAKAN REKONSILIASI INTERNAL DI LANTAMAL VI