KOARMATIM - Komando Armada RI Kawasan Timur - TNI Angkatan Laut

DANPOMAL LANTAMAL XIV MENGGELAR OPS GAKTIB GABUNGAN

1

Sorong, 25 Maret 2018. Komandan Polisi Militer Angkatan Laut (Danpomal) Lantamal XIV Letkol Laut (PM) Hotmatua, S. H., M. H. didampingi Wakapolres Kota Sorong Kompol Chandra Ismawanto, S. Ik. menggelar Operasi Penegakan Ketertipan (Ops Gaktib) gabungan Pomad, Pomal, Pomau, dan Polres Kota Sorong, dengan sandi Wasapada Citra Wira Hiu Gaktib ini dilaksanankan secara serentak di depan gedung Mako Polisi Militer Angkatan Laut Lantamal XIV Jl. Yos Sudarso No. 1 Kota Sorong, Prov. Papua Barat. Sabtu (24/03/2018).

Sebelum dilaksanakannya Ops Gaktib Gabungan, Danpomal menyampaikan pesan kepada seluruh para petugas obyek yang menjadi sasaran pemeriksaan antara lain, pengguna kendaraan terhadap kelengkapan surat-surat kendaraan, helm dan pemeriksaan penggunaan kendaraan yang membawa senjata tajam atau bahkan barang-barang terlarang seperti Narkoba dan barang larangan lainnya guna meminimalisir kemungkinan terjadinya tindak kejahatan terhadap masyarakat pengguna jalan raya.

Dari hasil Ops Gaktib tersebut didapatkan para pengguna kendaraan bermotor melakukan pelanggaran sebanyak 34 pengguna kendaraan bermotor roda dua dengan kriteria pelanggaran 20 pengguna kendaraan ditilang karena tidak membawa kelengkapan surat kendaraan, 11 diberikan peringatan dan 3 pengguna kendaraan melarikan diri meninggalkan kendaraanya karena merasa ketakutan. Selain itu juga telah diketemukan barang-barang berbahaya yang tidak selayaknya dibawa bagi pengendara bermotor, barang berbahaya tersebut antara lain 2 buah parang, 3 buah badik, dan satu buah ekor pari. Hasil seluruh penemuan pelanggaran pengguna kendaraan dan barang bukti berbahaya tersebut diserahkan kepada pihak Kepolisian untuk diamankan dan dilaksanakan proses tindak lanjut.

Di akhir Operasi Penegakan Ketertipan (Gaktib), Danpomal menyampaikan “Terimakasih atas pelaksanaannya, setelah kelangsungan Gaktib ini kita serahkan ke Kepolisian untuk ditindak lanjuti. Ops Gaktib ini digelar selain untuk menertibkan kelengkapan pengguna kendaraan, juga untuk menjalin kebersamaan dan kerjasama diantara kita untuk meningkatkan sinergitas antara TNI – Polri diwilayah Papua Barat khususnya kota Sorong. Rencana kedepan kita akan menggelar secara rutin Ops Gaktib seperti ini agar masyarakat Kota Sorong lebih memahami akan pentingnya kelengkapan berkendara dan juga keselamatan berkendara”.

DISPEN LANTAMAL XIV

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

DANPOMAL LANTAMAL XIV MENGGELAR OPS GAKTIB GABUNGAN