KOARMATIM - Komando Armada RI Kawasan Timur - TNI Angkatan Laut

DANPOMAL LANTAMAL V HADIRI UPACARA PENYAMBUTAN SATGAS PAMTAS INDONESIA-PAPUA NUGINI

310517 Danpomal Sambut Satgas-2

Lantamal V (31/5),—

Komandan Polisi Militer Angkatan Laut (Danpomal) Lantamal V, Kolonel Laut (PM) Khoirul Fu’ad, S.H. mewakili Komandan Lantamal V Laksamana Pertama TNI Edi Sucipto, S. E., M. M., menghadiri Upacara Penyambutan 496 personil Satuan Tugas Penjaga Perbatasan dari Batalyon Yonif Mekanis 516/Caraka Yudha  kembali dari penugasan Pengamanan Perbatasan Indonesia- Papua Nugini, di Dermaga Madura Koarmatim, Ujung Surabaya, Rabu (31/5).

310517 Danpomal Sambut Satgas-1

Personil Batalyon Yonif Mekanis 516/Caraka Yudha ini, bertugas selama sembilan bulan sejak September 2016 lalu untuk menjaga garis perbatasan di Papua dari penyelundupan barang ilegal, Narkoba, penyusupan dan gangguan dari gerombolan bersenjata. Pasukan ini diterima langsung oleh Pangdam V /Brawijaya dan selaku Komandan Garnisun Tetap III/Surabaya Mayor Jenderal TNI Kustanto Widiatmoko,M.D.A.  selaku Inspektur Upacara.

310517 Danpomal Sambut Satgas-3310517 Danpomal Sambut Satgas-4

Dalam sambutannya, Komandan Garnisun Tetap III/Surabaya meminta agar seluruh personil yang baru pulang dari penugasan memanfaatkan waktu sebaik mungkin karena masih banyak tugas dan tanggung jawab yang akan dibebankan. Sehingga prajurit Batalyon Yonif Mekanis 516/Caraka Yudha harus tetap mengadakan latihan rutin untuk meningkatkan kemampuan tempur.

“Terima kasih atas pengabdiannya menunaikan tugas mengamankan daerah perbatasan RI-Papua Nugini dengan baik, “katanya.

Sesuai dengan Undang- Undang Nomor 34 tahun 2004 tentang TNI, Pengamanan perbatasan adalah salah satu tugas yang diamanatkan oleh Negara kepada TNI. Tugas dan Tanggung jawab yang ringan telah dilaksanakan dalam menjaga keutuhan NKRI utamanya pada Wilayah yang perbatasan langsung dengan Papua Nugini.

Mulai dari mengamankan patok-patok perbatasan kedua Negara, menciptakan situasi kondusif bagi berlangsungnya pembangunan di sepanjang perbatasan kedua negara, memberikan rasa aman kepada masyarakat serta membantu pihak/Aparat terkait mengenai permasalahan yang sering terjadi di wilayah perbatasan.

Komandan Garnisun Tetap III/Surabaya bangga dengan prestasi yang telah dicapai selama penugasan, dengan menemukan ladang ganja di kampung Banda Distrik Waris Kabupatenkeerom, wilayah ini dekat dengan perbatasan RI – PNG dan telah mendapatkan 5 pucuk senjata api rakitan laras pendek serta satu pucuk senjata laras panjang standar jenis mouser.

Hal ini menunjukan bahwa dalam melaksanakan tugas dengan baik serta dapat memberikan kontribusi yang nyata dalam pemberantasan Narkoba sesuai dengan perintah Panglima TNI yang menyatakan perang terhadap Narkoba.

DANPOMAL LANTAMAL V HADIRI UPACARA PENYAMBUTAN SATGAS PAMTAS INDONESIA-PAPUA NUGINI