KOARMATIM - Komando Armada RI Kawasan Timur - TNI Angkatan Laut

DANPOM KOARMATIM TUTUP PELATIHAN PAWANG ANJING PELACAK K-9

By 11 Nov 2016 07:08Berita Latihan
11-danpom-koarmatim-tutup-pelatihan-pawang-k-9-3

Surabaya, 11 November 2016

Komandan Polisi Militer Komando Armada RI Kawasan Timur (Danpom Koarmatim) Kolonel Laut (PM) Drs. Audi Rahman secara resmi menutup pelatihan pawang anjing pelacak (K-9) selama 14 hari dimulai sejak 31 Oktober lalu. Pelatihan yang diikuti oleh 14 Prajurit Pomal Wilayah Timur, berlangsung di Desa Willa Von Zorro Sekuti Prigen, Kabupaten Malang, Jatim. Jum’at (11/11/2016).

11-danpom-koarmatim-tutup-pelatihan-pawang-k-9-2Kegiatan penutupan pelatihan pawang K-9 ditandai dengan pelepasan tanda peserta kepada perwakilan dari Lantamal XIII Tarakan yaitu Kls POM FW. Manurung. Selanjutnya mengawali amanatnya, Danpom Koarmatim menyampaikan, penyelenggaraan pelatihan yang telah dilaksanakan ini pada dasarnya bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya prajurit Polisi Militer TNI Angkatan Laut (Pomal) serta dapat mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang telah didapat.

Lebih lanjut, Danpom Koarmatim mengatakan pelatihan ini hanya mengantarkan para peserta, selanjutnya para peserta mendalaminya di Satuan masing-masing. Diharapkan pelatihan pawang anjing pelacak (K-9) ini nantinya akan lebih memiliki kemampuan deteksi dini terhadap narkotika dan psikotropika khususnya di wilayah Pangkalan TNI Angkatan Laut, perbatasan, daerah rawan peredaran narkoba, pungkas Danpom Koarmatim.

11-danpom-koarmatim-tutup-pelatihan-pawang-k-9-1Keberadaan 12 ekor anjing pelacak K-9 jenis Labrador Retreiver akan ditugaskan masing-masing 2 ekor anjing di wilayah Lantamal VI Makassar, Lantamal VII Kupang, Lantamal XIII Tarakan, Lanal Nunukan, Lanal Palu dan Lanal Kendari. Hal ini sebagai upaya untuk deteksi dini terhadap tindakan kriminal, maupun penyalahgunaan dan penyelundupan Narkoba melalui jalur laut atau bandara di wilayahnya.

Bekerjasama dengan Indonesian German Shepherd Club yakni Perhimpunan Anjing Gembala Jerman Indonesia, Serma POM Wisnu Gunawan dibantu dua asisten pelatih yaitu Zainal Abidin dan Kastari melaksanakan pelatihan pawang anjing pelacak dengan materi diantaranya, dasar pelatihan pelacakan, dan pengenalan dengan anjing-anjing K-9.

Mengakhiri kegiatan, Danpom Koarmatim menyerahkan sertifikat pelatihan pawang anjing pelacak (K-9) kepada masing-masing prajurit Pomal yang terlibat latihan. Hadir dalam acara tersebut, Para Perwira, Bintara, dan Tamtama POM Koarmatim.

Kadispenarmatim Letkol Laut (KH) Maman Sulaeman 

DANPOM KOARMATIM TUTUP PELATIHAN PAWANG ANJING PELACAK K-9