KOARMATIM - Komando Armada RI Kawasan Timur - TNI Angkatan Laut

DANLANTAMAL XIII TARAKAN SAMBUT ROMBONGAN KEMENDES RI SETELAH DIEVAKUASI KRI KERAPU-812 SAAT SPEED BOAT YANG DITUMPANGI TERDAMPAR DI PULAU BUNYU

K2

K4

TARAKAN. Jumat (18/08) Komandan Pangkalan Utama TNI AL XIII Tarakan Laksamana Pertama TNI Ferial Fachroni menyambut kedatangan Rombongan Kemendes RI di Mako Lantamal XIII Tarakan, turut hadir dalam penyambutan tersebut Wadan Lantamal XIII dan Para Asisten Danlantamal XIII. Sebuah sambutan yang hangat dan penuh haru karena rombongan Kemendes RI tersebut telah mengalami musibah, speed boat yang ditumpangi terdampar di pulau Bunyu akibat cuaca buruk.

Komandan Lantamal XIII menjelaskan informasi yang telah diterima bahwa pada hari Kamis (17/08) pukul 17.00 Wita rombongan Kemendes RI berangkat dari Sebatik menuju Tarakan dengan mencarter speed boad “doa ibu” yang bermesin tunggal 200 PK. Pukul 19.00 Wita saat berada di perairan Pulau Bunyu pada posisi lintang bujur speed boat 03° 31′ 14″ LU   117° 45′ 26″ BT cuaca sangat buruk berupa hujan yang disertai angin kencang dan gelombang tinggi sehingga mesin speed boat mengalami kemacetan (mati mesin), sehingga Ketua rombongan bapak Febi Datuk Bangso (Staf ahli) memutuskan untuk menepi demi keamanan. Setelah menepi ketua rombongan berkordinasi dengan Bakamla RI, kemudian dari Bakamla meneruskan ke Lantamal XIII Tarakan.

K3

Setelah terjalin koordinasi antara Bakamla dan Lantamal XIII (Lanal Nunukan, Posal Bunyu dan KRI Kerapu), langsung diaksi oleh KRI Kerapu – 812 yg kebetulan berada di posisi 6 mil dari tempat kejadian. Pada pukul 01.30 Wita KRI Kerapu – 812 tiba di lokasi dekat kejadian dan karena situasi bahaya navigasi di perairan sekitar lokasi tersebut, maka proses evakuasi dilaksanakan menggunakan sekoci KRI Kerapu – 812 dan pada pukul 08.11 Wita KRI Kerapu-812 Sandar di dermaga TNI AL Mamburungan Tarakan.

Pada hari Jumat (18/08) pukul 09.00 Wita rombongan Kemendes RI yang dievakuasi yaitu Bapak Febi Datok Bangso (Staf ahli kebijakan strategis menteri desa PDTT), Nugroho (Kabag perencanaan umum) dan 10 orang staf kemendes lainnya yang semuanya berjumlah 12 orang tiba di Mako Lantamal XIII Tarakan dan selanjutnya pada pukul 11.15 Wita dilaksanakan pengantaran rombongan Kemendes RI oleh Danlantamal XIII berangkat menuju Jakarta melalui bandara Juwata Tarakan.

Dispen Lantamal XIII Tarakan

DANLANTAMAL XIII TARAKAN SAMBUT ROMBONGAN KEMENDES RI SETELAH DIEVAKUASI KRI KERAPU-812 SAAT SPEED BOAT YANG DITUMPANGI TERDAMPAR DI PULAU BUNYU