KOARMATIM - Komando Armada RI Kawasan Timur - TNI Angkatan Laut

DANLANTAMAL XIII TARAKAN PIMPIN APEL GELAR PASUKAN KESIAPSIAGAAN KOTA TARAKAN

Apel1

Apel5

TARAKAN,– Sejak tanggal 23 Mei 2017 yang lalu kelompok militan maute yang berfiliasi dengan kelompok ISIS telah berhasil menduduki kota Marawi, Mindanau Filipina dan hingga kini pemerintah Filipina masih terus berupaya melakukan netralisasi hingga mampu memukul mundur pasukan dari kelompok militan tersebut. Perjuangan militan maute memiliki kemiripan tujuan dengan kelompok-kelompok yang ada di Indonesia, sehingga dimungkinkan kelompok militan maute memperoleh dukungan dari kelompok-kelompok militan yang dari Indonesia. Kita ketahui bahwa Marawi Filipina letaknya sangat berdekatan dengan Indonesia dan hingga kini eskalasi pertempuran pasukan pemerintah Filipina dengan kelompok militan maute Pro ISIS masih berlangsung. Tarakan yang berada di Provinsi Kalimantan Utara merupakan wilayah yang sangat berdekatan dengan Negara Filipina sehingga harus meningkatkan kewaspadaan terhadap masuknya orang asing ke Indonesia.

Situasi dan kondisi di Filipina menjadi ancaman factual yang dapat mengganggu stabilitas keamanan Indonesia, Guna mengantisipasi kemungkinan adanya pergerakan kelompok maute Pro ISIS dari Filipina ke Indonesia, maka tadi pagi, Sabtu (10/06) Komandan Pangkalan Utama TNI AL XIII (Danlantamal XIII) Tarakan Laksamana Pertama TNI Ferial Fachroni memimpin Apel Gelar Pasukan Kesiapsiagaan Kota Tarakan di Pelabuhan Malundung Tarakan, Gunung Lingkas, Tarakan Timur sebagai wujud komitmen dan tekat dalam menjaga keamanan dan keselamatan Bangsa dan Negara dari masuknya orang asing di wilayah Kalimantan Utara. Selaku Komandan Upacara adalah Dansatrad 225 Tarakan dan sebagai Perwira Upacara adalah Komandan Kal Bunyu. Susunan pasukan terdiri dari 1 peleton Korsik Yonif 613 Raja Alam, 1 peleton Perwira Gabungan, 1 peleton Yonif 613 Raja Alam, 1 peleton Kodim 0907 Tarakan,1 peleton Lantamal XIII dan 1 regu Tim EFQR Lantamal XIII Tarakan, 1 peleton Lanud Tarakan, 1 peleton Satrad 225 Tarakan,1 peleton Brimob Tarakan, peleton Polres Tarakan dan 1 peleton Satpol PP Tarakan.

Dalam amanatnya Komandan Lantamal XIII menghimbau untuk meningkatkan kembali sensitifitas dan kewaspadaan terhadap kemungkinan-kemungkinan tersusupinya pulau Tarakan oleh kelompok-kelompok teroris, beliau juga mengajak untuk meningkatkan kerjasama dan koordinasi secara terpadu agar wilayah perbatasan kita benar-benar aman dari segala ancaman terorisme.

Turut hadir dalam apel tersebut Kabinda Kaltara, Wadan Lantamal XIII, Para Asisten Danlantamal XIII Tarakan,  Walikota Tarakan, Danlanud Tarakan, Wakapolres Tarakan, Dandim 0907 Tarakan,  Dan Yonif Raider 613 Raja Alam, Kaden C Pelopor Satbrimob Tarakan, KSOP Tarakan, Unsur Maritim Kota Tarakan dan Kasatpol PP Kota Tarakan. Kegiatan dapat bejalan dengan lancar.

Dispen Lantamal XIII

DANLANTAMAL XIII TARAKAN PIMPIN APEL GELAR PASUKAN KESIAPSIAGAAN KOTA TARAKAN