KOARMATIM - Komando Armada RI Kawasan Timur - TNI Angkatan Laut

DANLANTAMAL XIII TARAKAN MENUTUP LATIHAN SAR, KESEHATAN TINGKAT II DAN LATIHAN KOMUNIKASI

U4

U3

TARAKAN – Setelah menjalani proses latihan selama 7 hari personel Lantamal XIII yang tergabung dalam Latihan Dalam Dinas (LDD) SAR, Kesehatan Tk.II dan Komunikasi, tadi siang, Rabu (13/12/2017) pukul 14.00 Wita secara resmi ditutup oleh Komandan Lantamal XIII Tarakan Laksamana Pertama TNI Ferial Fachroni. Acara yang dikemas dalam Upacara Penutupan yang berada di dalam ruangan, bertempat di Gedung Serba Guna Mako Lantamal XIII. Bertindak selaku Komandan Upacara adalah Kapten Laut (P) Dadang Sujana yang sehari-hari menjabat sebagai Pasops Satkamla Lantamal XIII.

U6

Latihan yang telah dilaksanakan tersebut merupakan latihan gabungan yang saling berkaitan antara SAR oleh Satuan Keamanan Laut (Satkamla) dan Basarnas, Dinas Kesehatan, RSAL Ilyas dan Satuan Komunikasi, dari latihan gabungan ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilan prajurit Lantamal XIII secara sistematis dalam rangka melaksanakan tugas SAR di laut. Bertindak selaku Perwira Pelaksana Latihan (Papelat) dalam LDD tersebut adalah Kapten Laut (P) Teguh Subiyantoro yang sehari-hari menjabat sebagai Kaur Pullahta Sops Lantamal XIII.

U1

Dalam amanat Komandan Lantamal XIII, menyampaikan bahwasannya kita patut bersyukur karena kegiatan Latsar, Latkes Tk.II (Diskes, RSAL Ilyas) dan Latkom Lantamal XIII TW.IV TA.2017 tahun ini dapat terlaksana sesuai rencana, dimana para peserta latihan telah mengikuti tahapan-tahapan mulai teori, praktek di darat dan praktek di laut yang meliputi : Teori (antara lain Pengantar Medical First Responder, pemindahan korban, dll), Praktek di darat (antara lain Penanganan patah tulang, dll), Praktek di laut (antara lain penanganan korban tenggelam, dll). Beliau juga berucap “Saya turut berbangga hati karena selama 7 hari latihan tersebut, saudara-saudara mampu mengikuti dengan serius dan penuh semangat”.

Perlu dipahami bersama bahwa program pembangunan kekuatan TNI AL selalu ditujukan untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan intelijen, pertahanan, keamanan, pemberdayaan wilayah pertahanan laut serta kemampuan dukungan. Sebagai salah satu unsur Sistem Senjata Armada Terpadu atau SSAT, Lantamal XIII berkewajiban membina kemampuan tersebut, terutama mengingat karakteristik letak geografis pulau Tarakan dimana media transportasinya didominasi melalui wahana perairan maka kemampuan dalam memberikan dukungan bantuan kemanuasiaan yang disebabkan oleh bencana alam maupun kecelakaan di laut menjadi sebuah keniscayaan yang harus senantiasa diasah.

Ikut hadir dalam upacara penutupan tersebut Wadan Lantamal XIII, Asrena, Asintel, Asops dan Aslog Danlantamal XIII beserta para Kasatker Lantamal XIII. Setelah pelaksanaan upacara selesai acara dilanjutkan dengan ramah tamah.

(Dispen Lantamal XIII Tarakan)

 

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

DANLANTAMAL XIII TARAKAN MENUTUP LATIHAN SAR, KESEHATAN TINGKAT II DAN LATIHAN KOMUNIKASI