KOARMATIM - Komando Armada RI Kawasan Timur - TNI Angkatan Laut

DANLANTAMAL XIII TARAKAN MEMBUKA LATIHAN SELAM DASAR TW.IV TA.2017

N3

N1

TARAKAN – Pagi tadi, Senin (16/10) pukul 10.45 Wita Komandan Lantamal XIII Tarakan Laksamana Pertama TNI Ferial Fachroni membuka Latihan Selam Dasar Personel Lantamal XIII TW.IV TA. 2017 dalam Upacara Pebukaan Latihan di Gedung Serbaguna Mako Lantamal XIII. Bertindak selaku Komandan Upacara adalah Kapten Laut (P) Dadang Sujana. Hadir dalam Upacara tersebut Wadan Lantamal XIII, para Asisten dan Kasatker Lantamal XIII.

Dalam laporan kesiapan latihan, Ketua Pelaksana Latihan Komandan Satkamla Lantamal XIII Mayor Laut (P) Martha Novalianto, SH. menyampaikan bahwa peserta latihan terdiri dari 5 orang pelatih dari Dislambair Koarmatim, 20 orang peserta personel Lantamal XIII dan 23 orang pendukung. Rencana kegiatan tersebut akan berlangsung mulai tanggal 16 sampai 22 Oktober 2017 yang bertempat di kolam renang Wisma Patra dan dermaga Mamburungan. Adapun materi yang akan diterima oleh para peserta dalam latihan tersebut adalah pelajaran teori yang terdiri dari pengenalan alat, scuba diver, kesehatan penyelaman, biologi kelautan (tumbuhan dan hewan laut yang berbahaya untuk penyelaman), perawatan peralatan scuba, penggunaan alat selam lengkap, penyelaman dengan berpasangan dan pekerjaan bawah air.

Sedangkan pelajaran praktek di kolam terdiri dari renang gaya dada, water trepen, tahan nafas, masker clearing, mouth fish clearing, penggunaan alat lengkap di air, penyelaman dengan berpasangan dan praktek pekerjaan bawah air.

N4

Pada sambutan Danlantamal XIII Tarakan menyampaikan, bahwa bercermin dari fakta dan potensi ancaman yang diprediksi masih akan terjadi pada masa-masa yang akan datang seperti tenggelamnya perahu nelayan yang menelan korban jiwa dan yang paling tragis adalah tenggelamnya satu unit speedboat beberapa bulan lalu dan menelan korban jiwa 10 orang meninggal dunia sebagai akibat dari tidak dilaksanakannya ketentuan tentang prosedur keselamatan pelayaran, oleh sebab itu Danlantamal XIII Tarakan menilai bahwa penyelenggaraan latihan selam dasar ini sangat tepat sebagai wujud pembinaan kemampuan prajurit Lantamal XIII, bukan saja memelihara kesiapsiagaan dalam rangka dukungan kemanuasiaan namun juga dapat digunakan dalam rangka pemeliharaan alat alpung Lantamal XIII.

Selesai pelaksanaan upacara dilanjutkan ramah tamah dan pemberian pelajaran teori bagi para peserta latihan di gedung Serbaguna Mako Lantamal XIII.

Dispen Lantamal XIII Tarakan

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

DANLANTAMAL XIII TARAKAN MEMBUKA LATIHAN SELAM DASAR TW.IV TA.2017