KOARMATIM - Komando Armada RI Kawasan Timur - TNI Angkatan Laut

DANLANTAMAL XIII TARAKAN KUNJUNGI LANAL NUNUKAN, POSAL – POSAL DAN PATOK PERBATASAN INDONESIA – MALAYSIA DI SEBATIK

K9

K11

TARAKAN, (11/06) Dalam upaya meningkatkan sensitifitas dan kewaspadaan terhadap keluar masuknya warga negara asing ke wilayah NKRI khususnya terhadap kelompok-kelompok militan maute Pro ISIS yang hingga kini masih terjadi eskalasi pertempuran dengan pasukan pemerintah Filipina, untuk itu perlu adanya kesiap siagaan bagi para personel TNI AL khususnya yang sedang menjaga wilayah perbatasan. Guna mengetahui kesiap siagaan Prajurit TNI AL yang berada di lapangan di wilayah perbatasan maka Komandan Pangkalan Utama TNI AL XIII (Danlantamal XIII) Tarakan Laksamana Pertama TNI Ferial Fachroni melaksanakan kunjungan ke Wilayah Kerja Pangkalan TNI AL (Lanal) Nunukan.

Kunjungan Danlantamal XIII Tarakan ke Lanal Nunukan berlangsung selama 2 hari (10/06 sampai 11/06) yang didampingi oleh Ibu Ketua Jalasenastri Korcab XIII Daerah Jalasenastri Armada Timur serta Asintel Danlantamal XIII menggunakan pesawat TNI AL Cassa U 851. Dalam kedatangannya di Nunukan, Danlantamal XIII disambut oleh Bupati Nunukan Ibu Hj. Asmin Laura Hafid, S.E, M.M dan Danlanal Nunukan Letkol Laut (P) Ari Aryono,S.E serta Dan Satgas Pamtas 611 Letkol Inf Sigid Hengky Purwanto.

K8

Pada kegiatan di hari pertama, Danlantamal XIII Bersama Asintel dan Danlanal Nunukan  melaksanakan peninjauan ke Pos TNI AL Sei Pancang Desa Pancang Kec. Sebatik Utara yang dilanjutkan dengan acara penandatanganan prasasti peresmian Pos TNI AL Sei Pancang, Pos TNI AL Sei Nyamuk, Pos TNI AL Tinabasan, Pos AL TNI Sei Baung dan Rumdis TNI AL Sutanto Mansapa. Pada acara peresmian tersebut Danlantamal XIII memberikan motivasi kepada prajurit yang bertugas diperbatasan agar selalu tegar dalam menjaga perbatasan, beliau juga berpesan kepada prajurit di perbatasan untuk meningkatkan kewaspadaan dalam mengantisipasi masuknya kelompok-kelompok radikal Filipina ke wilayah RI melalui perbatasan.

Selesai acara peresmian posal-posal Danlantamal XIII melaksanakan peninjauan Patok 3 perbatasan Negara Republik Indonesia – Malaysia di desa Aji Kuning Kec. Sebatik Tengah yang disambut oleh Kapten Inf Aan Fitriadi (Wadan Satgas Pamtas Yonif 611).  Selanjutnya Danlantamal XIII melanjutkan peninjauan ke Pos TNI AL Sei Nyamuk Desa Sei Nyamuk Kec. Sebatik Timur, Kotis Satgas Ambalat XXI Desa Tanjung Aru Kec. Sebatik Timur, dan Pos TNI AL Sei Taiwan Desa Tanjung Karang Kec. Sebatik. Selesai kunjungan ke posal-posal Danlantamal XIII beserta rombongan kembali ke Nunukan, dilanjutkan dengan acara buka puasa bersama seluruh keluarga besar Prajurit Lanal Nunukan.

K3

Pada kegiatan hari kedua, Danlantamal XIII melaksanakan tatap muka dengan keluarga besar Prajurit Lanal Nunukan di Aula Mess Yos Soedarso Lanal Nunukan. Dalam arahannya, Danlantamal XIII meminta agar para prajurit tetap bekerja secara profesional dengan memanfaatkan SDM yang dimiliki untuk menutupi keterbatasan-keterbatasan yang ada (jumlah personel dan sarana pendukung) dan dibutuhkan kesadaran lebih untuk mampu berperan lebih untuk organisasi. Para prajurit juga diharapkan mampu mensyukuri yang ada dan dapat membangun rumah tangga yang Sakinah, Mawaddah dan Warahmah untuk menunjang kedinasannya.

 

Dispen Lantamal XIII

DANLANTAMAL XIII TARAKAN KUNJUNGI LANAL NUNUKAN, POSAL – POSAL DAN PATOK PERBATASAN INDONESIA - MALAYSIA DI SEBATIK