KOARMATIM - Komando Armada RI Kawasan Timur - TNI Angkatan Laut

DANLANTAMAL XIII PIMPIN UPACARA HARI KESAKTIAN PANCASILA DI MAKO LANTAMAL XIII TARAKAN

hapsak3

hapsak2

TARAKAN – Minggu (01/10) Selesai melaksanakan acara nonton bersama film Pemberontakan G30S/PKI pada hari Sabtu (30/09) di Taman Berlabuh, seluruh personel Lantamal XIII melaksanakan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2017 yang bertempat di Lapangan Mako Lantamal XIII. Upacara dipimpin oleh Komandan Lantamal XIII Tarakan Laksamana Pertama TNI Ferial Fachroni dan diikuti oleh Wadan Lantamal XIII, Para Asisten Danlantamal XIII, Para Kadis dan Kasatker Lantamal XIII.

Upacara Peringatan Kesaktian Pancasila ini merupakan merupakan upaya pemerintah untuk mengenang peristiwa yang terjadi pada tanggal 30 September 1965 yang merupakan awal dari pemberontakan G30S/PKI yang ingin mengubah idiologi Pancasila menjadi ideologi komunis. Namun, karena idiologi komunis ini tidak sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia sehingga masyarakat Indonesia menolak idiologi komunis tersebut, sehingga pemberontakan G30S/PKI mampu ditumpas dibumi pertiwi. Maka, tanggal 30 September diperingati sebagai Hari Peringatan Gerakan 30 September dan tanggal 1 Oktober ditetapkan sebagai Hari Kesaktian Pancasila dalam sejarah Republik Indonesia.

hapsak1

Dalam upacara tersebut, dilaksanakan pembacaan Naskah Ikrar Peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang memiliki tiga makna penting yaitu, Pertama bahwa sejak diproklamirkan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 pada kenyataannya telah banyak terjadi rongrongan baik dari dalam negeri maupun luar negeri terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia, Kedua bahwa rongrongan tersebut dimungkinkan oleh karena kelengahan, kekurangwaspadaan Bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan Pancasila sebagai Ideologi negara, Ketiga bahwa dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur Ideologi Pancasila, Bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Melalui Ikrar tersebut, seluruh rakyat Indonesia membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadlian demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pelaksanaan upacara berjalan dengan lancar dan khidmat.

Dispen Lantamal XIII Tarakan.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

DANLANTAMAL XIII PIMPIN UPACARA HARI KESAKTIAN PANCASILA DI MAKO LANTAMAL XIII TARAKAN