KOARMATIM - Komando Armada RI Kawasan Timur - TNI Angkatan Laut

DANLANTAMAL XIII MEMBUKA PERKEMAHAN BJRB PERWAKILAN SMU/SMK SE-KALTARA TH.2017

a3

BJRB

TARAKAN. Senin (07/08) Provinsi Kalimantan Utara merupakan provinsi yang berbatasan langsung dengan negara Malaysia dan Philipina. Banyak pelanggaran-pelanggaran yang terjadi khususnya di wilayah perbatasan negara, pelanggaran yang paling marak terjadi adalah penyelundupan barang-barang illegal, salah satunya adalah narkotika yang masuk dari Malaysia ke Indonesia melalui jalur laut. Kita ketahui dampak dari pengaruh narkotika sangat besar apalagi jika yang menjadi tarjet adalah generasi muda bangsa, sehingga ini menjadi ancaman bangsa.

DJI_0013

Guna membentengi generasi muda bangsa, agar tidak mudah terpengaruh dengan hal-hal yang negatif, TNI AL memprogramkan kegiatan yang dilaksanakan setahun sekali yaitu program Bintal Juang Remaja Bahari (BJRB). Program BJRB ini merupakan program tahunan TNI AL yang menjadi manivestasi peran aktif TNI AL dalam upaya menumbuh kembangkan jiwa dan semangat bahari generasi muda yang kreatif, inovatif, dinamis dan berwawasan maritim, serta sebagai salah satu upaya antisipasi ditengah situasi perkembangan lingkungan strategis terutama dampak negatif globalisasi yaitu maraknya narkoba, perkelahian pelajar, pengaruh teknologi informasi sehingga sangat mudah mengakses situs-situs pornografi, serta pengaruh paham dan aliran yang menyesatkan bagi generasi muda.

a1

Pagi tadi (pukul 07.00 Wita) Komandan Pangkalan Utama TNI AL XIII (Lantamal XIII) Tarakan Laksamana Pertama TNI Ferial Fachroni secara resmi membuka acara perkemahan Bintal Juang Remaja Bahari Lantamal XIII tahun 2017 yang berlokasi di lapangan Lantamal XIII Mamburungan. Danlantamal XIII mengungkapkan bahwa BJRB adalah salah satu cara untuk memberdayakan dan membangun pertahanan terutama pada aspek laut. Perkemahan BJRB ini juga bertujuan untuk membentuk kedisiplinan, menumbuhkan sikap bela negara dan cinta tanah air.

Ditambahkan Kadispotmar Lantamal XIII Letkol Laut (P) Roni Sutadi, Amd  bahwa Kegiatan BJRB Lantamal XIII tahun 2017 kali ini diikuti oleh 150 peserta siswa dan siswi dari SMU dan SMK Provinsi kalimantan utara, yaitu Tarakan, Bunyu, Tanjung Selor dan Kabupaten Tana Tidung (KTT). Kegiatan berlangsung selama 3 hari, mulai tanggal 07 sampai dengan 09 Agustus 2017. Adapun materi yang diberikan kepada para peserta, diantaranya adalah :

–  Toleransi Umat beragama.

–  Kesadaran Hukum / Disiplin hukum.

–  Peraturan Baris Berbaris (PBB)/kegiatan ke-pramukaan.

–  Dinamika ke-pramukaan.

–  Kesadaran berbangsa dan bela negara.

–  Pengetahuan penyalahgunaan narkotika

–  Pencegahan kenakalan remaja.

–  Pengenalan pramuka saka bahari.

–  Pengenalan olah raga perairan.

–  Pengetahuan penanganan P3K.

–  Out Bond

–  Kunjungan ke KRI.

Hadir pada Upacara Pembukaan Perkemahan BJRB Lantamal XIII tahun 2017 tersebut Pimpinan TNI/Polri se-Kota Tarakan, Sekda Kota Tarakan, Perwakilan Forkopimda Kota Tarakan, FKPD dan Dinas terkait, Asisten Danlantamal XIII dan Kasatker Lantamal XIII, dan para Pembina yang berjumlah 50 orang.

Dispen Lantamal XIII Tarakan

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

DANLANTAMAL XIII MEMBUKA PERKEMAHAN BJRB PERWAKILAN SMU/SMK SE-KALTARA TH.2017