KOARMATIM - Komando Armada RI Kawasan Timur - TNI Angkatan Laut

DANLANTAMAL XIII MEMBERIKAN SAMBUTAN PADA ACARA NONTON BARENG FILM G30S/PKI DI KOTA TARAKAN

nobar3

nobar1

TARAKAN, Minggu (01/10) Jangan Sekali-kali Meninggalkan Sejarah atau disingkat “Jasmerah” adalah semboyan yang terkenal yang diucapkan oleh Ir. Soekarno, dalam pidatonya yang terakhir pada Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia tanggal 17 Agustus 1966. Sejarah merupakan salah satu bentuk pelajaran bagi para pemuda bangsa saat ini agar peristiwa kelam tidak terulang lagi, dan apabila suatu bangsa melupakan sejarah dan tidak mau belajar dari sejarah maka tinggal menunggu kehancuran bangsa tersebut disebabkan bahaya laten yang sewaktu-waktu muncul kembali.

nobar6

Dalam kamus Bahasa Indonesia, Bahaya Laten memiliki arti bahaya tersembunyi yang terus-menerus mengancam. Bahaya laten yang pernah terjadi di Indonesia adalah bahaya laten PKI (Partai Komunis Indonesia). Paham yang dibawa oleh PKI adalah paham komunis yang mengandung ajaran liberalisme, ateisme, individualisme dan sosialisme yang tidak sesuai dengan dasar negara Indonesia Pancasila dan kepribadian bangsa Indonesia sehingga paham komunis ditolak oleh bangsa Indonesia.

nobar5

Pada puncak pergerakan yang dilakukan oleh PKI pada 30 September sampai 01 Oktober 1965 yang dikenal dengan Gerakan 30 September atau G30S/PKI yang melakukan kudeta dengan membunuh Pejabat Tinggi Militer sehingga dari peristiwa tersebut hingga saat ini setiap tanggal 1 Oktober diperingati sebagai Hari Kesaktian Pancasila. Pada masa orde baru setiap tanggal 30 September TVRI menayangkan film rekonstruksi peristiwa G30S/PKI guna mengenang sejarah kelam peristiwa tersebut namun pada Oktober 1998 film tersebut berhenti tayang secara nasional.

DJI_0011

Pada hari Sabtu malam (30/09) pukul 20.00 Wita Komandan Lantamal XIII Tarakan Laksamanan Pertama TNI Ferial Fachroni selaku penanggungjawab Panitia Peringatan HUT TNI ke-72 di Kota Tarakan memberikan sambutan sebelum dimulainya Nonton Bareng (Nobar) film G30S/PKI. Acara ini juga dihadiri oleh Komandan Kodim 0907 Tarakan selaku Ketua Panitia Nonton Bareng di taman berlabuh kota Tarakan

Turut hadir para Asisten Danlantamal XIII, Walikota Tarakan diwakili Asisten 1, FKUB kota Tarakan, Kajari, Kabinda, Ketua MUI, Toga, Todat, dan Tomas kota Tarakan. Ikut meramaikan acara tersebut seluruh prajurit TNI, ASN beserta keluarga dan masyarakat Kota Tarakan. Antusias warga sangat tinggi untuk mengikuti acara Nobar G30S/PKI, terlihat dengan banyaknya jumlah pengunjung pada acara tersebut.

Dengan acara Nobar film G30S/PKI diharapkan mampu mengembalikan jiwa Nasionalisme Mayarakat Indonesia khususnya di kota Tarakan untuk senantiasa menjaga NKRI dan Dasar Nengara Pancasila dari berbagai ancaman ideology khususnya Idiology Komunis yang bertentangan dengan dasar Negara Pancasila.

Acara dapat berjalan dengan baik, khidmat, aman dan lancar.

Dispen Lantamal XIII Tarakan

 

DANLANTAMAL XIII MEMBERIKAN SAMBUTAN PADA ACARA NONTON BARENG FILM G30S/PKI DI KOTA TARAKAN