KOARMATIM - Komando Armada RI Kawasan Timur - TNI Angkatan Laut

DANLANTAMAL XIII MELAKSANAKAN KUNJUNGAN KERJA KE LANAL NUNUKAN

DSC_2269

D1

NUNUKAN – Sabtu (03/02/2018), Komandan Pangkalan Utama TNI AL XIII Tarakan Laksma TNI Sigit Setiyanta melaksanakan kunjungan kerjanya pertama kali setelah dilantik oleh Panglima Armada Timur pada tanggal 06 Januari 2018 yang lalu, Komandan Lantamal XIII memilih Kabupaten Nunukan sebagai tempat kunjungan pertamanya. Danlantamal berangkat dari Tarakan menggunakan Patkamla Mamburung yang di dampingi oleh Asops, Aslog, Pabanpamgal Sintel, Ka Akun, Kasubdiskesla, Kadispen serta Pabungkol Lantamal XIII.Dalam kunjungan kerjanya Danlantamal, mengecek kesiap siagaan Prajurit TNI AL yang berdinas di Perbatasan langsung dengan negara Malaysia. Kegiatan tersebut masuk dalam program kunjungan kerja ke Pangkalan Pangkalan TNI AL yang berada di jajaran Lantamal XIII Tarakan.

D2

Kegiatan yang di mulai Pada hari Jum’at, tanggal 2 s.d 3 Februari 2018 selama 2 hari di Nunukan dan Pulau Sebatik. Danlantamal XIII didampingi oleh Asisten Operasi (Asops), Asisten Logistik (Aslog) Danlantamal XIII, Paban Pamgal Staf Intelijen Lantamal XIII serta perwira pendukung lainya.

D7

Hadir dalam penjemputan Danlantamal XIII beserta rombongan di pelabuhan Liemijung Nunukan Pejabat FKPD Kabupaten Nunukan diantaranya Ketua DPRD Kab. Nunukan H. Dani Iskandar, Sekda Kab. Nunukan Bpk Serfianus, S.Ip., M.Si, Dandim 0911/Nnk : Letkol Czi. Abdillah Arif, S. Sos, Komandan Lanal Nunukan Letkol Laut (P) Ari Aryono, S.E, Kapolres Nunukan AKBP. Jefry Yuniardi, S.Ik, Dansatgas Pamtas Yonif 621/Mtg Letkol Inf. Rio Neswan, SE., MM., M.I.K., Kasiwasdakin Imigrasi Nuk Bimo, Kasi Pabean BC Nuk Hariyanto, Pwa KSOP Nuk Alimuddin, Sekretaris Pengadilan Negeri Nunukan  Bpk Suparman, SH., dan Kepala PT. Inhutani Nunukan Bpk. Nurdin

D4

Kedatangan Danlantamal XIII di Kabupaten Nunukan disambut tari tradisional Tari Tepung Tawar, dilanjutkan dengan foto bersama unsur FKPD KabupatenNunukan. Selanjutkan Danlantamal XIII menuju Lanal Nunukan dan menerima Laporan Komando Komandan Lanal Nunukan. Kegiatan selama di Kabupaten Nunukan diantaranya adalah :

  1. Penanda tanganan prasasti dan pemotongan pita tanda diresmikan penggunaan gudang senjata, dilanjutkan pengecekan di dalam gudang senjata.
  2. Komandan Lantamal mengunjungi Masjid Islamic Center merupakan tempat wisata riligi yang ada di Nunukan dilanjutkan sholat jumat berjamaah.
  3. Danlantamal XIII tatap muka dengan seluruh Prajurit dan PNS Mako Lanal Nunukan di Aula Mess Yos Sudarso dengan memberikan pengarahan dan motivasi bagi prajurit TNI AL yang berdinas di Perbatasan, dengan point isi pengarahan. Pertama, Berbanggalah kalian sbg prajurit yg di tempatkan di perbatasan krn hanya prajurit terpilih saja yg dinas di perbatasan. Kedua, Prajurit diingatkan kembali apa yang menjadi tugas pokok TNI AL (UU RI No.34 TH.2004 BAB IV Pasal 9) dan Menjelaskan tentang fungsi TNI AL dan Misi dan Visi TNI AL. Ketiga, Berikut tenjang kebijakan pemerintah (5 pilar poros maritim dunia).

Pada akhir pembekalan, beliau memberikan penekanan kepada para prajurit Lanal Nunukan yaitu  :

  1. Agar seluruh prajurit meningkatkan ketaqwaan kepada Tuhan YME sebagai landasan moral dalam melaksanakan tugas
  2. Selalu meningkatkan profesionalisme dgn mengembangkan budaya belajar dan berlatih
  3. Selalu mencermati perkembangan lingkungan agar siap dalam menghadapi perkembangan.
  4. Meningkatkan pengamanan personel dan materiil yang menjadi tanggung jawab di satuan kerja masing-masing.
  5. Mentaati dan mematuhi aturan hukum dan hindari pelanggaran
  6. Memantapkan solidaritas antara TNI, Polri dan komponen bangsa lainnya
  7. Memegang teguh netralitas TNI dengan tdk terlibat dalam politik praktis khususnya di tahun 2018 sebagai tahun politik.

Pada hari ke 2 Danlantamal XIII beserta  romb meninjau Pos TNI AL yang di Pulau Sebatik yang merupakan Pos terdepan berbatas lansung dengan Tawau Malaysia dengan menggunakan Patroli Keamanan Laut (Patkamla Sei Ular) Lanal Nunukan yg di dampingi Komandan Lanal Nunukan. Kegiatan Danlantamal XIII beserta rombongan di Pulau Sebatik adalah meninjau Pos TNI AL Sei Taiwan, Pos Kotis Satgas Marinir Ambalat, Pos TNI AL Sei Nyamuk, Patok 3 Aji Kuning, Tugu Perbatasan Garuda Perkasa, Pos Satgas Marinir Sei Pancang, Pos Satuan Radar Sei Pancang, dan tempat terakhir kunjungan adalah Pos TNI AL Sei Pancang. Di Pos TNI AL Sei Pancang, Danlantamal XIII menyempatkan diri beramah tamah dgn Muspika dan unsur TNI Polri di Sebatik sebelum kembali ke Tarakan.

Dispen Lantamal XIII Tarakan

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

DANLANTAMAL XIII MELAKSANAKAN KUNJUNGAN KERJA KE LANAL NUNUKAN