KOARMATIM - Komando Armada RI Kawasan Timur - TNI Angkatan Laut

Danlantamal V Hadiri Syukuran Hari Kartini Wanita TNI-Polwan Kogartap III/Surabaya

By 21 Apr 2017 07:33Berita Armada
logo-jalesveva-jayamahe-featured-1600×900

210417 Peringatan Hari Kartini-2210417 Peringatan Hari Kartini-1Danlantamal V Hadiri Syukuran Hari Kartini Wanita TNI-Polwan Kogartap III/Surabaya

Lantamal V, (21/4)—210417 Peringatan Hari Kartini-4

Komandan Pangkalan Utama TNI AL V ( Lantamal V) Surabaya Laksma TNI Edi Sucipto, S.E., M.M. menghadiri syukuran dalam rangka peringatan Hari Kartini Tahun 2017 yang diselenggarakan oleh Wanita TNI-Polwan se-Wilayah Kogartap III/ Surabaya yang dihelat di Gedung R. Mulyadi Kodiklatal, Bumimoro, Surabaya, Jumat (21/4).

Adapun kehadiran Danlantamal V pada acara syukuran tersebut, yakni sebagai Pembina Kowal (Korps Wanita Angkatan Laut) wilayah Surabaya yang menjadi bagian dari Wanita TNI Kogartap III/ Surabaya.

Selain prajurit Kowal,  tampak ratusan personel Korps Wanita Angkatan Darat (Kowad), Wanita Angkatan Udara (Wara), dan juga Polisi Wanita (Polwan) hadir dalam kesempatan tersebut.

Selain itu Danlantamal V, acara syukuran Hari Kartini tahun 2017 ini juga turut dihadiri para pejabat dilingkungan TNI yang berdinas diwilayah Kogartap III/ Surabaya antara lain Kasdam V/Brw Brigjen TNI Agus Suhardi mewakili Pangdam V/Brw Mayjen TNI, Kasgartap III/Sby Brigjen TNI Mar Widodo Dwi Purwanto, Danpasmar I Sby Brigjen TNI Mar Lukman, S.T., M.Si (Han), Komandan STTAL Laksma TNI Dr. Siswo Hadi Sumantri, Dirum Kodiklatal Laksma TNI Bernhard , kemudian Danpusdik Hanudnas Kolonel Lek Supriyanto, serta Danlanud Surabaya Kolonel Pnb Rudy Iskandar.

Sementara itu Pangdam V Brawijaya selaku Dangartap III/Sby dalam amanat tertulisnya yang dibacakan oleh Kasdam V/Brw Brigjen TNI Agus Suhardi, mengingatkan kembali kepada para prajurit wanita TNI-Polwan tentang kodrat dan peran ganda mereka sebagai istri atau ibu rumah tangga, dan juga peran atau karir sebagai prajurit wanita TNI-Polwan.

Lebih lanjut menurut Dangartap III/Sby,  wanita TNI dan Polwan sebagai prajurit merupakan wanita yang senantiasa sadar dan bangga akan kodratnya sekaligus mampu memainkan tugas dan peran gandanya secara profesional dan proporsional.

“Peran sebagai istri atau ibu rumah tangga , misalnya tidak boleh larut ke dalam peran sebagai wanita karir sehingga melupakan keluarga dan sebaliknya peran atau karir sebagai Prajurit Wanita TNI-Polri tidak boleh menyerap habis peran sebagai istri atau ibu rumah tangga,” tandas orang nomor satu dijajaran Kodam V Brawijaya ini.

Oleh sebab itu lanjut Dangartab, wanita TNI –Polwan harus pandai untuk menyesuaikana diri dengan lingkungan tugasnya dengan tetap berpegang teguh pada nilai-nilai agama serta keluhuran norma budaya bangsa. Dengan demikian dimanapun wanita TNI-Polwan bertugas dan berada akan selalu dapat dirasakan manfaat dan kontribusinya, dihargai, dan dihormati eksistensinya.

 

Dangartap III/Sby berharap,  seluruh Prajurit Wanita TNl-Polwan dapat menjadikan peringatan Hari Kartni ini sebagai tradisi dan refleksi historis guna mengenang, memetik hikmah dan melanjutkan cita-cita perjuangan para pahlawan, khususnya pahlawan wanita seperti R.A. Kartini, Pahami dan amalkan makna dan nilai emansipasi wanita sebagai upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender di lingkungan kehidupan keluarga, TNI-POLRI dan masyarakat pada umumnya, dengan tetap bertumpu di atas kodrat dan peran ganda sebagai wanita bangsa Indonesia.

“Tingkatkan terus soliditas dan solidaritas Korps Wanita TNI-Polwan, karena sebagai komponen dari TNl-POLRI, Korps Wanita TNI-Polwan harus dapat menunjukkan jatidiri, identitas dan integritas pengabdiannya sebagai Prajurit TNI-POLRI dimanapun kalian bertugas,” pungkasnya.

Dalam kesempatan itu pula dilakukan penyerahan hadiah untuk juara pertandingan Volly  Juara 1 Polwan Polda Jatim,  Juara 2 Polwan Polrestabes sby, Juara 3 Korps Wanita AL.

Danlantamal V Hadiri Syukuran Hari Kartini Wanita TNI-Polwan Kogartap III/Surabaya