KOARMATIM - Komando Armada RI Kawasan Timur - TNI Angkatan Laut

DANLANTAMAL V HADIRI PERINGATAN HARI PENDIDIKAN TNI AL 2017

120517 Hardikal-3

Lantamal V (12/5),—

Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) V Laksamana Pertama TNI  Edi Sucipto, S. E., M. M., bersama Ketua Korcab V Ny. Herniwati Edi Sucipto menghadiri upacara peringatan Hari Pendidikan Angkatan Laut (Hardikal) ke-71 tahun 2017 di lapangan Laut Maluku Mako Kodiklatal, Morokrembangan Surabaya, Jum’at (12/5).

120517 Hardikal-2

Bertindak sebagai Inspektur Upacara yaitu Kepala Staf  TNI AL Laksamana TNI Ade Supandi, S. E., M. AP. dan yang dipercaya sebagai Komandan Upacara (Danup) yaitu Letkol Laut (P) Wahyu Cahyono, ST.,MM. Yang menjabat Danpusdiklapa Kodiklatal.

Tampak hadir di deretan kursi undangan mantan Panglima TNI Laksamana TNI (purn) Agus Suhartono, para pejabat teras Mabesal, Forpinda Jatim,  Komandan Kodiklatal, Gubernur Akademi Angkatan Laut, Komandan STTAL serta para tamu undangan lainnya.

120517 Hardikal-8120517 Hardikal-5

Kasal dalam amanatnya  menyampaikan bahwa pembinaan kekuatan TNI AL yang meliputi komponen SSAT  yang terdiri dari kapal perang,  pesawat udara Angkatan Laut, Marinir, Pangkalan, serta logistik dan sistim kodal sangat tergantung pada kesiapan sumber daya manusia yang mengawaki dan menjalankan organisasi.

Oleh sebab itu penyediaan personel berikut pendidikan dan pelatihannya menjadi bagian yang sangat penting bagi kelanjutan pembinaan organisasi TNI AL.

Peran lembaga pendidikan TNI AL dalam masa kini dan kedepan akan semakin dituntut mampu menghadapi realitas sebagai konsekwensi  dari perkembangan lingkungan strategis yang semakin dinamis baik nasional, regional dan global maupun lingkungan internal sebagai respon terhadap perubahan yang terjadi.

Lebih lanjut Ade sapaan akrab Kasal ini menuturkan kualitas manajemen, pembinaan dan penyelenggaraan pendidikan baik di Kodiklatan, Akademi Angkatan Laut, Sekolah Tinggi Tehnologi Angkatan Laut juga Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut harus senantiasa diperbaiki dan disempurnakan. 10 komponen pendidikan bukan hanya sebagai jargon dari kegiatan proses belajar mengajar, akan tetapi harus menjadi bagian yang menentukan pencapaian kualitas dari lulusan pendidikan angkatan laut.

Kualitas dan kuwantitas sarana prasarana dan fasilitas pendidikan, alat instruksi dan alat penolong instruksi, ketersediaan paket instruksi, tenaga pendidikan dilembaga pendidikan dievaluasi dan ditingkatkan serta harus menjamin hasil didik yang tidak gagap manakala sudah berada didalam penugasan yang sesungguhnya.

Demikian pula dengan masuknya alutsista baru sebagai bagian dari program modernisasi pembangunan alautsista angkatan laut pada postur MEF, reformasi cara bertempur dan manuver peperangan laut kekinian, maka pemutakhiran paket instruksi dan kualitas proses belajar mengajar juga pelatihan harus diselaraskan sehingga menjadi harapan kita semua, lemdik Angkatan Laut senantiasa menghasilkan prajurit yang siap pakai atau siap tugasdapat dipertahankan dari waktu ke waktu.

Tema dalam peringatan Hari Pendidikan Angkatan Laut (Hardikal) ke-71 tahun 2017 ini  “Lembaga Pendidikan Siap Mendukung Kebijakan Tni Al Yang Berkelas Dunia Dalam Rangka Terwujudnya Indonesia Sebagai Poros Maritim” .

DANLANTAMAL V HADIRI PERINGATAN HARI PENDIDIKAN TNI AL 2017