KOARMATIM - Komando Armada RI Kawasan Timur - TNI Angkatan Laut

DANLANTAMAL IX AMBON SECARA RESMI MEMBUKA PELATIHAN YUSTISIAL TAHUN 2017

WhatsApp Image 2017-04-13 at 17.36.25(1)

Komandan Lantamal (Danlantamal) IX Ambon Laksamana Pertama TNI Nur Singgih Prihartono, SE. M. Tr (Han) membuka secara resmi Pelatihan Yustisial tahun 2017 yang berlangsung di Gedung Manggala Loka Lantamal IX Ambon. Kamis. (13/04/2017).

Pelatihan yang diikuti oleh personel Lantamal IX bertujuan untuk meningkatkan kemampuan profesionalisme prajurit TNI AL khususnya Lantamal IX dalam penegakan kedaulatan dan hukum di laut, dengan harapan para peserta mampu untuk memahami proses penyelenggara operasi keamanan laut di wilayah kerja Lantamal IX serta mampu memahami proses prosedur hukum yang berlaku sesuai dengan Hukum Nasional Indonesia, Hukum Laut Internasional dan peraturan perundang – undangan lainnya.

Dalam sambutan Danlantamal IX sekaligus membuka secara resmi pelatihan mengatakan bahwa berdasarkan undang – undang nomor 34 tahun 2004 tentang TNI, dimana tugas TNI AL adalah menegakkan hukum dan menjaga keamanan di Wilayah Laut Yurisdiksi Nasional serta Hukum Internasional yang telah diratifikasi sejalan dengan fungsi Trinitas TNI AL yaitu fungsi Militer, Diplomasi dan Polisionil.

Lebih lanjut dikatakan, TNI AL sebagai salah satu institusi penegak hukum di laut senantiasa meningkatkan kualitas personelnya dalam rangka melaksanakan proses penegakan hukum di laut yang terjadi di Perairan Yuridiksi Nasional Indonesia, salah satu upaya tersebut adalah dilaksanakannya pelatihan Yustisial bagi Personel Lantamal IX sekarang ini.

“Untuk itu saya sangat mengapresiasi dan menyambut baik diadakannya kegiatan ini, agar lebih profesional dalam penegakan Yurisdiksi keamanan di laut, diharapkan kepada seluruh peserta agar menyimak dengan baik materi yang disampaikan oleh tim untuk dipedomani dan diterapkan dalam setiap melaksanakan tugas dan semoga ada ide – ide baru yang dapat dirumuskan” Ujar Danlantamal IX.
Pelaksanaan pelatihan Yustisial tahun 2017 tersebut menerima materi Penyelesaian Tindak Pidana dari narasumber Kasi Pidum Kejari Ambon Syahrul Anwar dan materi tentang Nautis Teknis Radio dan Sertifikasi Kapal dari Kepala Seksi Sertifikasi Kapal Kantor KSOP Kelas I Ambon Germas dan materi tentang Undang – undang Perikanan dari narasumber Stasiun PSDKP Ambon Harlym Raya Maharbhakti.

Setelah penyampaian materi dari para narasumber, selanjutnya dilaksanakan acara penutupan pelatihan Yustisial tahun 2017 oleh Wadan Lantamal IX Kolonel Marinir Imam Sopingi. (DISPEN LANTAMAL IX).

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

DANLANTAMAL IX AMBON SECARA RESMI MEMBUKA PELATIHAN YUSTISIAL TAHUN 2017