KOARMATIM - Komando Armada RI Kawasan Timur - TNI Angkatan Laut

DANKORMAR MERESMIKAN YONMARHANLAN XIII TARAKAN

M3

M1

TARAKAN – Jumat (10/11) Bertempat di Lapangan Upacara Jl. Binalatung RT 06  Kelurahan  Amal Tarakan  telah dilaksanakan Upacara  Parade Militer dalam rangka Peresmian Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan XIII  Tarakan. Bertindak selaku Inspektur Upacara adalah Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Bambang Suswantono, S.H, M.H, MTr (Han) dengan Komadan Upacara Mayor Marinir Helmi. Susunan pasukan yang terlibat dalam upacara tersebut terdiri dari 1 SST Satsik Yonif Raider 613/Raja Alam, 2 SST Yonif Raider 613/Raja Alam, 1 SST Lantamal XIII/Tarakan, 3 SST Yonmarhanlan XIII/Tarakan, 1 SST Lanud Tarakan, 1 SST Polres Tarakan dan 1 SST Brimob Tarakan.

Acara pokok dalam susunan upacara tersebut adalah Pembacaan Peresmian Yonmarhanlan XIII, Pernyataan peresmian oleh  Inspektur Upacara, Pembukaan selubung Lambang Satuan dan Pemasangan tanda Jabatan Komandan Batalyon Marinir Pertahaan Pangkalan XIII (Danyonmarhanlan XIII). Dalam amanatnya, Dankormar mengucapkan selamat kepada Letkol Marinir Aminudin yang telah diangkat sebagai Danyon Marhanlan XIII/Tarakan dan kepada seluruh prajurit Yonmarhanlan XIII/Tarakan Dankormar berucap “Selamat atas peresmian satuan kalian, segera adakan penyesuaian diri dan kenali lingkungan sekitar dan laksanakan tugas dan fungsi kalian sebagai pengawak Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan sesuai yang telah diamanahkan negara dan bangsa”.

M2

Pada akhir amanatnya, Dankormar memberikan penekanan kepada para prajurit Yonmarhanlan XIII, diantaranya : Pertama, Selalu tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai landasan moral dalam pelaksanaan tugas. Kedua, Pelihara dan tingkatkan naluri tempur, serta profesionalisme prajurit Yonmarhanlan XIII/Tarakan, agar senantiasa siap mengemban tugas mendatang. Ketiga, Laksanakan semua kegiatan dengan mentaati dan mengikuti seluruh kebijakan yang ditetapkan oleh Korps Marinir dan Lantamal XIII/Tarakan. Kempat, Pelihara jatidiri sebagai prajurit Korps Marinir serta hindari tindakan, sikap dan prilaku yang dapat menyakiti hati rakyat. Kelima, Buktikan kepada masyarakat bahwa Yonmarhanlan XIII/Tarakan mampu diandalkan, serta dapat memberi dampak penangkalan terhadap pihak-pihak yang ingin mengganggu kedaulatan NKRI. Enam, Bangun hubungan komunikasi yang baik serta pererat rasa kebersamaan dan kekeluargaan antar anggota TNI/Polri dan Masyarakat, sehingga dapat menampilkan diri sebagai contoh perekat bangsa, melakukan kerjasama yang harmonis dan sinergis, saling mendukung dalam melaksanakan tugas masing-masing yang semakin kompleks dan dinamis.

M4

Selesai pelaksanaan upacara parade, acara dilanjutkan dengan demonstrasi Beladiri Militer dari prajurit Yonmarhanlan XIII/Tarakan. Selanjutnya menampilkan terjun payung “free fall” oleh prajurit Batalyon Intai Amphibi – 1 Marinir dengan 10 penerjun yang diantaranya membawa bendera Batalyon Intai Amphibi, bendera Pasmar-1, bendera Kormar, banner TNI AL dan bendera Merah Putih. Pada akhir demonstrasi ditunjukan dengan penampilan Sniper Prajurit Yonmarhanlan yang memiliki slogan “one shot one kill”.

Para pejabat yang hadir dalam upacara tersebut diantaranya adalah Danlantamal XIII, Danpasmar 1, Wadan Pasmar 1, Wadan Lantamal XIII, Aspers Dankormar, Para Assisten Dan Lantamal XIII, Kadis Infolahta Dankormar, Danlanmar Surabaya, Danyon Raider 613/Rja, Kapolres Tarakan, Ka Den C pelopor Brimob Tarakan, Walikota Tarakan dan Ka  BNN Tarakan.

(Dispen Lantamal XIII Tarakan)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

DANKORMAR MERESMIKAN YONMARHANLAN XIII TARAKAN