KOARMATIM - Komando Armada II - TNI Angkatan Laut

DANKOLAT KOARMADA II BRIEFING PESERTA LATIHAN JUNGLE AND SURVIVAL

By 09 Jul 2018 15:04Berita Armada
09_DANKOLAT_KOARMADA_II_BRIEFING_PESERTA_LATIHAN_JUNGLE_AND_SURVIVAL__3

Koarmada II – Surabaya, 09 Juli 2018

          Komandan Komando Latihan (Dankolat) Koarmada II, Kolonel Laut (P) Kisdiyanto di hari pertama Latihan Jungle and Survival Prajurit KRI Koarmada II TA. 2018, memberikan briefing kepada peserta latihan dari satuan kapal jajaran Koarmada II, bertempat di Gedung Mandalika Koarmada II, Ujung Surabaya. Senin, (09/07/2018).

09_DANKOLAT_KOARMADA_II_BRIEFING_PESERTA_LATIHAN_JUNGLE_AND_SURVIVAL_4          Dankolat Koarmada II sebagai Perwira Pelaksana Latihan (Palaklat) menyampaikan bahwa, latihan jungle and survival Prajurit KRI Koarmada II berlangsung mulai tanggal 9 s.d. 24 Juli 2018 diikuti sebanyak 184 personel dari enam satuan kapal dan 1 KRI. Adapun rangkaian latihan diawali dengan pembekalan teori dan diskusi, latihan kering/drill, gladi lapangan tahap darat, gladi lapangan tahap laut dan evaluasi.

09_DANKOLAT_KOARMADA_II_BRIEFING_PESERTA_LATIHAN_JUNGLE_AND_SURVIVAL_2          Lanjutnya, latihan yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan ketrampilan awak KRI dalam melaksanakan survival di laut dan di darat maupun pada kondisi cuaca yang ekstrem. Sedangkan sasaran latihan kali ini adalah tercapainya kemampuan dan ketrampilan Prajurit KRI Koarmada II dalam melaksanakan survival di laut dan darat, memberikan pemahaman tentang teknik dan prosedur penggunaan alat keselamatan bagi Prajurit KRI Koarmada II, tercapainya pola pikir dan pola tindak yang sama bagi seluruh peserta dalam melaksanakan latihan survival di laut dan di darat/hutan sekalipun menghadapi kondisi cuaca yang ekstrim, serta teruji dan terlaksananya evaluasi buku-buku petunjuk tentang survival di lingkungan TNI Angkatan Laut sesuai dengan perkembangan teknologi.

          Kolonel Laut (P) Kisdiyanto juga menyampaikan materi latihan yang akan disampaikan para instruktur baik dari Kolat Koarmada II, Diskes maupun Kopaska diantaranya yaitu, Prosedur emergency di KRI, Alat keselamatan di KRI, Medical first responder, peran peninggalan di kapal, Teknik menggunakan perahu karet,  Search and Rescue terhadap kecelakaan kapal, Teknik Sea Survival, Pertolongan permukaan dan dalam air.

09_DANKOLAT_KOARMADA_II_BRIEFING_PESERTA_LATIHAN_JUNGLE_AND_SURVIVALSelain itu, para peserta jungle and survival akan me-refresh Pengenalan peralatan penyelamatan di laut, Penggunaan isyarat pencarian dan pertolongan, teknik terjun ke laut dan menarik korban di permukaan laut teknik jungle survival, navigasi darat, mencari air, membuat api, membuat bivak, melempar kapak atau sangkur, dan beberapa kegiatan lainnya.

Hadir dalam acara tersebut, Para Perwira Staf Kolat Koarmada II, Tim Penilai dan perwakilan Mabesal sebagai Peninjau latihan.

          Kadispenkoarmada II Letkol Laut (KH) Suratno, S.S.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

DANKOLAT KOARMADA II BRIEFING PESERTA LATIHAN JUNGLE AND SURVIVAL