KOARMATIM - Komando Armada RI Kawasan Timur - TNI Angkatan Laut

DANGUSPURLATIM PIMPIN UPACARA BENDERA 17- AN

By 19 Feb 2018 13:29Berita Umum
19 DANGUSPURLATIM PIMPIN UPACARA BENDERA 17 AN (3)

KOARMATIM – Surabaya, 19 Februari 2018

Komandan Gugus Tempur Laut Koarmatim (Danguspurlatim) Laksamana Pertama (Laksma) TNI Rachmad Jayadi, M.Tr. (Han)., mewakili Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda (Laksda) TNI Didik Setiyono, S.E., M.M., memimpin Upacara Bendera 17 an, bertempat di Dermaga Madura Koarmatim, Ujung Surabaya. Senin (19/02/2018).

19 DANGUSPURLATIM PIMPIN UPACARA BENDERA 17 AN (2)

Dalam amanat Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P., yang di bacakan  Danguspurlatim menyampaikan kebijakan dan informasi penting untuk dijadikan petunjuk dan referensi pelaksanaan tugas-tugas kedepan yang semakin penuh tantangan.

Dalam setiap pergantian pimpinan tentunya diiringi dengan adanya  kebijakan baru guna memajukan organisasi tersebut, dua hal penting terkait pembangunan kekuatan TNI Angkatan Laut dalam kebijakan Panglima TNI yang harus segera ditindaklanjuti adalah pembentukan Armada ke-3 dan Pasmar-3 di Sorong, Papua Barat, hal ini tentunya harus kita sambut dengan gembira.

19 DANGUSPURLATIM PIMPIN UPACARA BENDERA 17 AN (4)

Pada bulan Januari  lalu, TNI Angkatan Laut telah menyelenggarakan Rapim TNI AL Tahun 2018 sebagai kelanjutan dari rangkaian Rapim di jajaran Kementrian Pertahanan dan TNI Tahun 2018, Kasal telah menetapkan pokok-pokok kebijakan Kasal untuk di pedomani dalam melaksanakan tugas pembinaan kekuatan dan kemampuan, serta kesiapan operasional TNI Angkatan Laut dalam periode Tahun 2018.

Perlu diketahui sumber daya negara khususnya aspek finansial masih terbatas, sehingga diperlukan strategi agar kendala tersebut berdampak besar pada tugas pembinaan yang harus dilakukan oleh TNI AL, dan untuk mencapai tujuan tersebut TNI AL melaksanakan beberapa kegiatan beberapa kegiatan prioritas seperti pembangunan Pangkalan Teluk Ratai, MID- Life Modernization (MLM) Kapal Multi Role Light Frigate (MRLF) dan penyiapan KRI kelas Sigma sampai dengan siap tempur serta pembangunan Gunnery Firing Range, tentunya kegiatan tersebut akan terlaksana jika semua pihak mendukung baik secara Internal maupun Eksternal.

Tantangan tugas TNI AL kedepan semakin Kompleks dan Dinamis, karakter ancaman maritim selalu bersifat Transnasional dan cenderung terorganisir seperti pembajakan, penangkapan ikan ilegal, penyelundupan Narkoba,dll, dan untuk mengatasi hal tersebut  diperlukan peningkatan efektivitas operasi, kesiapan Alutsista dan Profesonalisme Prajurit Matra Laut, pembinaan kekuatan dan kesiapan operasional TNI AL mutlak harus dilakukan serta bersinergi dengan instansi lainnya, dari hasil sinergitas tersebut telah dibuktikan dengan keberhasilan unsur dalam menggagalkan penyelundupan Narkoba seberat 1.037,58 Kilogram oleh Kpal MV. Sunrise Glory beberapa waktu yang lalu.

Selain itu, pada tahun 2018 TNI AL akan melaksanakan dan mengikuti berbagai kegiatan latihan bersama dengan negara lain baik Bilateral maupun Multilateral sebagai bagian dari peran diplomasi TNI AL, adapun kegiatan tersebut diantaranya Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK), Multilateral Exercise The Rim OF The Pacific (RIMPAC) dan kegiatan Latma Eagle Indopura dengan Singapura, kegiatan lain berskala Internasional diantaranya Pelayaran Kadet Kartika Jala Krida diikuti dengan kegiatan Sail Regatta 2018 di Vladivistok, Rusia dan Internasional Fleet Review (IFR)  di Korsel, semua harus dipersiapkan dengan sebaik-baiknya sehingga dapat berjalan dengan baik dan mencapai hasil yang optimal.

Tahun ini Pilkada serentak akan dilaksanakan di sebagaian besar wilayah Indonesia, tentunya semua patut waspada terhadap hal-hal yang berpotensi memicu konflik Horizontal terutama jika isu sara dijadikan Komoditas politik, oleh karena itu Kasal berpesan agar seluruh Prajurit TNI AL  turut berperan aktif dalam menjaga Netralitas TNI.

Hadir pada upacara tersebut adalah para Sahli Pangarmatim, para Komandan unsur  Koarmatim yang berada di Pangkalan, Para Perwira, Bintara, Tamtama serta Aparatur Sipil Negara (ASN).

Kadispenarmatim Letkol Laut (KH) Suratno, S.S.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

DANGUSPURLATIM PIMPIN UPACARA BENDERA 17- AN