KOARMATIM - Komando Armada RI Kawasan Timur - TNI Angkatan Laut

CEGAH DINI PENYAKIT DIFTERI PERSONEL LANTAMAL X DI IMUNISASI

difter3

Kadiskes Lantamal X Letkol Laut (K) Suroso mewakili Komandan Lantamal X Brigjend TNI (Mar) Ipung Purwadi Lantamal X memberikan pengarahan dan imunisasi difteri kepada seluruh personel militer dan PNS Lantamal X bertempat di Aula Samudera Loka Mako Lantamal X, Kamis (05/04/2018).

difter1Difteri  adalah  infeksi  yang disebabkan oleh  bakteri  Corynebacterium diphtheriae, penyakit ini di masa lalu telah menyebabkan ribuan kematian, dan masih mewabah di daerah-daerah seluruh dunia yang belum berkembang. Orang yang selamat dari penyakit ini menderita kelumpuhan otot-otot tertentu dan kerusakan permanen pada jantung dan ginjal. Anak-anak yang berumur satu sampai sepuluh tahun sangat peka terhadap penyakit ini.

difter4 difter2Dalam penjelasannya Kadiskes Lantamal X mengatakan, gejala yang muncul akibat penyakit ini adalah sakit tenggorokan, demam, sulit bernapas dan menelan, mengeluarkan lendir dari mulut dan hidung, dan sangat lemah. Kelenjar getah bening dileher membesar dan terasa sakit.

Lebih lanjut dikatakan perawatan bagi penyakit ini termasuk antitoksin difteri, yang melemahkan toksin dan antibiotik. Eritromisin dan penisilin membantu menghilangkan kuman dan menghentikan pengeluaran toksin. Pada umumnya difteri dapat dicegah melalui vaksinasi. Bayi, anak-anak, remaja, dan orang dewasa memerlukan suntikan booster setiap 10 tahun.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Aspers Danlantamal X Kolonel Laut (KH) Agus Sugiharto, para Kadis dan Kasatker Lantamal X, seluruh Perwira, Bintara, Tamtama, PNS Lantamal X dan pengurus Korcab X DJAT.

Dispen Lantamal X Jayapura.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

CEGAH DINI PENYAKIT DIFTERI PERSONEL LANTAMAL X DI IMUNISASI