KOARMATIM - Komando Armada RI Kawasan Timur - TNI Angkatan Laut

CALON TARUNA AAL DAN CALON BINTARA TNI AL PANDA TARAKAN SEDANG MENJALANI PROSES SELEKSI

samapta4

samapta3

TARAKAN – Kebutuhan prajurit baru di TNI AL akan terus berlangsung seiring dengan banyaknya prajurit yang pensiun, disamping itu pemekaran wilayah kerja yang tentunya akan berdampak pada kebutuhan personil. Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) XIII Tarakan yang telah membuka pendaftaran bagi Calon  Bintara (Caba) dan Calon Taruna Akademi Angkatan Laut (Catar AAL) sejak tanggal 03 sampai dengan 27 April 2017 dengan jumlah pendaftar sebanyak 89 orang (5 orang catar AAL dan 84 caba) saat ini telah menjalani proses seleksi.

Pada seleksi awal, para catar AAL dan caba akan melaksanakan Pemeriksaan Kesehatan (Rikkes) tahap 1 yang telah dilaksanakan mulai tanggal 03 sampai dengan 04 Mei 2017 yang bertempat di Rumah Sakit TNI AL (RSAL) Ilyas Tarakan dengan Kepala Tim Rikkes Letkol Laut (K) dr. Pujo Dwi Laksono, M.Kes, Sp. THT. Pada tahap rikkes para caba dan catar AAL menjalani test tinggi badan, berat badan, THT,  varikokel,  penyakit  ambeien,  varises di kaki dan betis, gigi dan mata. Dari hasil test dengan jumlah peserta 89 orang, dinyatakan lulus test rikkes tahap 1 bejumlah 39 orang untuk menjalani seleksi lanjutan Riksamapta.

samapta2 baru

Pagi tadi, Jumat (05/05) para catar AAL dan caba yang berjumlah 39 orang menjalani pemeriksaan samapta dengan Kepala Tim Samapta Kapten Laut (KH) Herman Winanto. Pada tahap ini para calon Taruna dan calon Bintara menjalani test kesegaran jasmani, batrai A (lari 12 menit), batrai B (pull up, sit up, push up, sutle run), dan batrai C (renang jarak 25m). Tempat test batrai A dan batrai B berada di Stadion Datu Adil  Tarakan, sedangkan batrai C bertempat di kolam renang Wisma Patra. Sebelum pelaksanaan test samapta seluruh calon melaksanakan pemeriksaan tekanan darah terlebih dahulu untuk mengetahui kondisi para calon betul – betul dalam keadaan sehat dan siap untuk menjalani test samapta, disamping itu  untuk menghindari terjadinya kecelakaan selama menjalani proses test.

Kegiatan berjalan dengan lancar dan aman, hasil pemeriksaan samapta akan disampai pada hari berikutnya.

Dispen Lantamal XIII

 

CALON TARUNA AAL DAN CALON BINTARA TNI AL PANDA TARAKAN SEDANG MENJALANI PROSES SELEKSI