KOARMATIM - Komando Armada RI Kawasan Timur - TNI Angkatan Laut

BERAKHIRNYA LATMA PANDU 14/16, JALIN PERSAHABATAN YANG TAK TERGANTIKAN

By 18 Nov 2016 08:33Berita Latihan
18-berakhirnya-latma-pandu-1416-jalin-persahabatan-yang-tak-tergantikan-2

Surabaya, 18 November 2016

Kepala Staf Armada RI Kawasan Timur (Kasarmatim) Laksamana Pertama (Laksma) TNI I.N.G. Ariawan, S.E., M.M., mewakili Pangarmatim Laksda TNI Darwanto, S.H., M.A.P., sebagai irup dalam acara penutupan Latihan Bersama antara TNI Angkatan Laut dan Republic of Singapore Navy (RSN) yang diikuti oleh Komando Pasukan Katak (Kopaska) TNI AL dengan Naval Diving Unit (NDU) Singapura dengan sandi “Latihan Bersama Pandu 14/16” di Pusat Latihan Kapal Perang (Puslat Kaprang) Kolat Koarmatim. Senin (18/11/2016).

18-berakhirnya-latma-pandu-1416-jalin-persahabatan-yang-tak-tergantikan-3Acara di awali dengan Laporan pelaksanaan latihan oleh Komandan Satkopaska Koarmatim Kolonel Laut (P) Henricus Prihantoko, dalam laporannya menyampaikan  hasil yang telah dicapai dalam latihan ini adalah  meningkatnya profesionalisme prajurit kopaska baik perorangan maupun tim khususnya dalam melaksanakan Maritime Explosive Ordnance Disposal (MEOD), meningkatnya hubungan diplomatik antara pemerintah indonesia dan republic singapore khususnya dalam bidang militer, dan terjalinnya hubungan kerjasama yang baik antara prajurit kopaska dan RSN NDU yang berdampak memudahkan kerjasama dalam operasi yang sesungguhnya dimasa yang akan datang.

Usai laporan pelaksanaan, Kasarmatim membacakan amanat Asisten Operasi (Asops) Kasal Laksda TNI I.N.G.N. Ary Atmaja, S.E., yang menyampaikan bahwa, beberapa hari lalu kita mulai meneruskan sejarah persahabatan antara kedua negara. Sejarah yang kita tulis bersama yang bercerita tentang semangat kedua pasukan khusus selama pelaksanaan latihan. Ini menunjukkan di setiap fase latihan, yang bertujuan mensukseskan kerjasama dan hubungan antar kedua pasukan khusus di setiap peristiwa.

18-berakhirnya-latma-pandu-1416-jalin-persahabatan-yang-tak-tergantikan-4Lanjutnya, atas nama pimpinan TNI Angkatan Laut berterima kasih pada angkatan laut Singapura, sejauh ini satuan penyelam angkatan laut yang berhasrat memperkuat persahabatan, menyempurnakan dan mensukseskan latihan ini. Tidak lupa ucapan terima kasih kepada personel angkatan laut Indonesia (Kopaska) yang menunjukkan keramahan pada seluruh peserta. “Keyakinan tampak jelas bahwa pengalaman dan latihan Latma Pandu 14/16”  akan menambah persahabatan antara kedua angkatan laut yang terus berlanjut serta tidak tergantikan”, ucap Asops Kasal.

Di akhir acara Kasarmatim menerima brevet kehormatan NDU dari RSN NDU Commander COL Foong Kok Pun. Hadir pada acara tersebut, Koorsahli Pangarmatim Kolonel Marinir Tory Subiyantoro, Irarmatim Kolonel Laut (P) Eko Gudhi Wahyono, S.Sos., Pabanlat Sopsal Kolonel Laut (P) M. Zaenal, Para Pejabat Utama Koarmatim, Wakil Dansatgas Latma Pandu 14/16 LTC Wong Foo Chan, Para Komandan Satuan jajaran Koarmatim, serta seluruh Peserta Latihan dari kedua Negara.

Kadispenarmatim Letkol Laut (KH) Maman Sulaeman

 

BERAKHIRNYA LATMA PANDU 14/16, JALIN PERSAHABATAN YANG TAK TERGANTIKAN