KOARMATIM - Komando Armada RI Kawasan Timur - TNI Angkatan Laut

BALAI PENGOBATAN MAKO LANTAMAL V GELAR PROGAM PENYULUHAN PROLANIS

130218 Prolanis-1

Lantamal V (13/2),—

Balai Pengobatan Detasemen Markas (BP Mako) Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) V menggelar Progam Penyuluhan Prolanis (Program Lanjutan Penyakit Kronis) yang dilaksanakan di Gedung BP Mako Lantamal V Jln. Laksda M. Nasir  Surabaya, Selasa pagi (13/2/2018).

130218 Prolanis-1

Tampil sebagai pembicara Kepala BP Ampel Lantamal V dr. E. Garianto, M. Kes, yang mengusung materi Pengobatan dan Pencegahan untuk Penyakit Diabet, Jantung dan Hipertensi”.

Kegiatan tersebut diikuti sedikitnya 20 orang Personel Militer dan ASN Lantamal V yang saat ini sedang dalam proses rehabilitasi kesehatan atau sedang dalam proses penyembuhan.

Menurut Guria -sapaan akrab Kepala BP Ampel ini ada menyampaikan bahwa Diabetes mellitus adalah penyakit yang disebabkan oleh kadar gula darah tinggi. Diabetes juga dapat dianggap sebagai penyakit yang disebabkan oleh kelainan reaksi kimia dalam hal penggunaan yang tepat dari karbohidrat, lemak, dan protein dari makanan karena kekurangan pengeluaran atau kekurangan insulin.

Insulin adalah hormon yang diproduksi oleh pankreas untuk mengatur jumlah gula dalam darah. Gula darah tinggi adalah jika kadar gula darah pada saat puasa lebih dari 126 mg / dl dan pada saat tidak cepat lebih dari 200 mg / dl.

Kadar gula darah biasanya kurang dari 120-140 mg / dl pada 2 jam setelah makan atau minum cairan yang mengandung gula atau karbohidrat lainnya. Kadar gula darah normal cenderung meningkat sedikit tapi semakin lama setelah berusia 50 tahun, terutama pada orang yang tidak aktif secara fisik.

Ada beberapa faktor penyebab penyakit diabetes melitus pada umumnya yaitu faktor genetik, obesitas atau faktor berat badan,  faktor makanan yang dikonsumsi, faktor rokok.

Sedangkan gejala penyakit diabetes melitus pada umumnya seperti Haus yang berlebihan (polidipsia), Sering buang air kecil dengan volume banyak, Rasakan kelaparan yang luar biasa (polifagi), Sering merasa kelelahan karena kehabisan energi, Beberapa penderita diabetes ada menunujukkan gejala infeksi pada kulit, Gangguan penglihatan atau penglihatan menjadi kabur (rabun dekat ayam), Berat badan menurun, Hyperglaisimia yaitu peningkatan kadar gula darah yang abnormal.

Menurutnya, jika telah mengetahui penyebab diabetes maka akan sangat mudah untuk mencegahnya, dengan menjauhi penyebab diabetes maka akan mencegah penyakit diabetes. Mengubah pola hidup yang lebih baik maka bisa membantu untuk mencegah penyakit diabetes dan akan mencegah kadar gula darah untuk naik.

Jika menjaga kadar gula darah tetap stabil maka bisa membantu untuk mencegah penyakit diabetes. Cara menjaga kada gula darah tetap normal yaitu dengan menjaga asupan makanan.

Makanan manis dan makanan memiliki kadar lemak yang tinggi sebaik nya tidak di konsumsi karena bisa meningkatkan kadar gula darah di dalam tubuh.

Selanjutnya, para peserta prolanis melaksanakan kegiatan timbang badan, pemeriksaan tekanan darah (Tensi) dan pemeriksaan gula darah.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

BALAI PENGOBATAN MAKO LANTAMAL V GELAR PROGAM PENYULUHAN PROLANIS