KOARMATIM - Komando Armada RI Kawasan Timur - TNI Angkatan Laut

ASPERS DANLANTAMAL VI BACAKAN AMANAT KASAL DI UPACARA BENDERA 17

17

Makassar, Asisten bidang personel (Aspers) Komandan Lantamal VI ( Danlantamal VI ) Kolonel Laut (KH) Sunarto S.T., M.A.P. bertindak sebagai Inspektur Upacara pada upacara bendera 17–an di lapangan apel Arafuru Mako Lantamal VI, Senin (19/02/2018)

Dalam upacara ini dihadiri para Kadis dan Kasatker serta Pamen Lantamal VI, yang mana pasukan upacara terdiri dari Kompi Perwira, Bintara, Tamtama, Marinir dan PNS Lantamal VI.

Dalam amanat KASAL ( Kepala Staf Angkatan Laut ) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E,M.A.P. yang dibacakan Inspektur Upacara mengatakan seperti kita ketahui bersama, dalam setiap pergantian pimpinan tertentunya diiringi dengan adanya kebijakan baru guna memajukan organisasi tersebut. Demikian halnya dengan institusi TNI dimana telah ditetapkan program 100 hari Panglima TNI yang dijabarkan ke dalam program dan kegiatan sebagai dasar tiap – tiap angkatan dalam melaksanakan tugas.

Dua hal penting terkait pembangunan kekuatan TNI Angkatan Laut dalam kebijakan Panglima TNI yang harus segera ditindaklanjuti adalah pembentukan Armada-3 dan Pasmar-3 di Sorong, Papua Barat. Hal ini tentunya harus kita sambut dengan gembira, karena apa yang TNI AL rencanakan dalam rencana strategis TNI AL Tahun 2015-2019 akan segera terwujud, lanjut Aspers Danlantamal VI membacakan Amanat KASAL.

Aspers Danlantamal VI menambahkan perlu kita sadari bahwa tantangan tugas TNI AL selalu kompleks dan dinamis. Karakter ancaman maritim selalu bersifat transnasional dan cenderung terorganisir seperti pembajakan, penangkapan ikan illegal, penyelundupan narkoba dan lain sebaginya.

TNI AL harus bersinergi dengan instansi lain agar capaian tugas menjadi lebih baik. Hasil dari sinergitas tersebut telah dibuktikan dengan keberhasilan unsur kita dalam menggagalkan penyelundupan narkoba seberat 1.037,58 Kg oleh MV. Sunrise Glory beberapa waktu yang lalu. lanjut Kolonel Laut (KH) Sunarto membacakan Amanat KASAL.

Di akhir amanatnya KASAL berpesan kepada prajurit Lantamal VI bahwa tahun ini Pilkada serentak akan dilaksanakan di sebagian besar wilayah Indonesia. Kita patut waspada terhadap hal – hal yang berpotensi memicu konflik horizontal terutama jika isu SARA dijadikan komoditas politik, oleh karena itu saya intruksikan agar seluruh personel TNI AL turut aktif dalam menjaga netralitas TNI.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

ASPERS DANLANTAMAL VI BACAKAN AMANAT KASAL DI UPACARA BENDERA 17