KOARMATIM - Komando Armada RI Kawasan Timur - TNI Angkatan Laut

5 PRAJURIT KOPASKA MELATIH TIM VBSS LANTAMAL XIII TARAKAN

vbss2

VBSS1

TARAKAN – 5 personel prajurit Komando Pasukan Katak (Kopaska) tiba di Tarakan pada hari Minggu kemaren (12/11) pukul 19.00 Wita, mereka diundang oleh Lantamal XIII Tarakan untuk melatih TIM Visit Boarding Search and Seizure (VBSS) Lantamal XIII. Tadi pagi, Senin (13/11) pukul 10.30 Wita bertempat di gedung Serba Guna Mako Lantamal XIII, Wadan Lantamal XIII Kolonel Marinir Muhammad Nadir memimpin Upacara Pembukaan Latihan VBSS Lantamal XIII TW.IV tahun 2017. Bertindak selaku Ketua Panitia dalam latihan VBSS kali ini adalah PJS Dantim Intel Lantamal XIII Mayor Marinir Supriadi dan Komandan Upacara adalah Pasops Satkamla Kapten Laut (P) Dadang Sujana.

Pada acara amanat Inspektur Upacara, Wadan Lantamal XIII membacakan amanat Komandan Lantamal XIII Laksamana Pertama TNI Ferial Fachroni. Beliau menyampaikan bahwa karakteristik letak dan kondisi geografis wilayah kerja Lantamal XIII memiliki akses langsung dengan dua negara tetangga yaitu Malaysia dan Filipina serta berhadapan langsung dengan ALKI II sehingga membawa implikasi pada keterlibatan peran yang dilakukan sebagai dampak dari perkembangan lingkungan strategis, baik peluang maupun ancaman yang timbul. Dihadapkan dengan tugas dan tantangan kedepannya yang semakin dinamis, seiring dengan perkembangan lingkungan strategis tersebut maka dibutuhkan tingkat kesiap-siagaan yang tinggi guna mampu meminimalisir bahkan meniadakan setiap potensi ancaman seperti pelanggaran di wilayah kerja Lantamal XIII Tarakan oleh kapal asing, keberadaan manusia perahu, aksi penyelundupan, tindak perompakan dan pembajakan serta kecelakaan di Laut. Guna mendukung kemampuan Lantamal XIII khususnya pada bidang keamanan, dimana salah satunya adalah melalui latihan untuk memelihara dan meningkatkan profesionalisme prajurit matra laut dalam rangka melaksanakan tugas pokok dan fungsi pangkalan dengan berorientasikan pada potensi ancaman di perairan wilayah kerja Lantamal XIII khususnya perairan Tarakan, saya menilai bahwa pelatihan VBSS ini sangatlah tepat.

Latihan VBSS Lantamal XIII merupakan kegiatan yang berada dibawah kewasgiatan Sops Lantamal XIII yang memiliki tujuan untuk mencapai tingkat kesiapsiagaan operasi dalam melaksanakan tugas pokok Lantamal XIII dalam menghadapi berbagai  tindak kejahatan dan aksi terorisme di laut serta segala kemungkinan kontigensi yang terjadi. Pada latihan kali ini peserta yang ikut dalam latihan tersebut berjumlah 40 orang dengan 18 orang pendukung yang terdiri dari Kal Simaya, Patkamla Sea Rider, Disang, Diskes, Dispen dan Siesen.

VBSS3

Kegiatan latihan VBSS Lantamal XIII TW.IV tahun 2017 akan berlangsung mulai tanggal 13 sampai dengan 19 November 2017, adapun materi yang akan diberikan kepada para peserta latihan diantaranya adalah : 1. Teori pengetahuan senjata dan praktek senjata laras panjang, laras pendek serta driil menembak statis dan dinamis pada siang hari dan malam hari, 2. Pemeriksaan di Laut/IMO (Maritime Interdiction Operation), 3. Teori close quarter combat (latihan pertempuran dalam ruangan), 4. Hook and climb (latihan memasang tangga dan memanjat ke atas geladak), 5. Medical Evacuation (Latihan penanganan terhadap korban terluka/tertembak), 6. Latihan SAR, 7. Mission planning command post exercise (latposko penyusunan renops).

Hadir dalam acara pembukaan latihan tersebut para Asisten Danlantamal XIII, Kabasarnas Tarakan, Kasatker Lantamal XIII dan para Perwira Lantamal XIII. Dalam rangkaian upacara tersebut, Wadan Lantamal XIII secara resmi Membuka Latihan VBSS Lantamal XIII yang diikuti dengan penyematan tanda peserta latihan. Selesai upacara pembukaan latihan, acara dilanjutkan dengan ramah tamah.

(Dispen Lantamal XIII Tarakan)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

5 PRAJURIT KOPASKA MELATIH TIM VBSS LANTAMAL XIII TARAKAN