KOARMATIM - Komando Armada II - TNI Angkatan Laut

TIGA KOMANDAN KRI LAKSANAKAN SERTIJAB DI TARAKAN

D1

D4

TARAKAN –  Serah Terima Jabatan (Sertijab) dalam suatu organisasi merupakan hal yang sudah biasa, karena pergantian pejabat adalah bagian dari bentuk pembinaan organisasi dan personel, dimana hal tersebut merupakan tuntutan tugas yang sudah menjadi bagian yang harus dilalui oleh setiap prajurit TNI AL sebagai implementasi dari “Tour Of Duty” maupun “Tour Of Area”. Dalam operasi gabungan Perisai Ambalat-17 yang banyak melibatkan unsur-unsur KRI yang BKO ke Gugus Tempur Laut (Guspurla) Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim) dan ada tiga KRI yang sedang menjalankan tugas operasi yang harus melaksanakan Serah Terima Jabatan Komandan KRI-nya.

D6

Pagi tadi, Kamis (14/12/2017) pukul 08.00 Wita bertempat di dermaga TNI AL Mamburungan Tarakan Timur telah dilaksanakan Upacara Serah Terima Jabatan Komandan KRI Untung Suropati (USP)-372, Komandan KRI Lambung Mangkurat (LAM)-374 dan Penyerahan Jabatan Komandan KRI HIU-634. Bertindak selaku Inspektur Upacara adalah Kolonel Laut (P) Rudi Aviantara., S.E., M.Si, M.Tr (Han) yang sehari-hari menjabat sebagai Komandan Satuan Kapal Cepat (Dansatkat) Koarmatim serta sebagai PJS Komandan Satuan Eskorta (Dansatkor) Koarmatim, dan bertindak sebagai Komandan Upacara adalah Kapten Laut (P) Abdul Khalik serta Perwira Upacara dijabat oleh Letda Laut (E) Hendri Eko. Susunan pasukan upacara terdiri dari 1 SST Gabungan KRI USP-372, 1 SST Gabungan KRI LAM-374 dan 1 SST Gabungan KRI HIU-634.

D2

Adapun Komandan KRI yang melaksanakan Serah Terima Jabatan adalah : Satu, Komandan KRI USP-372 dari Letkol Laut (P)  Taufik Ramdhan,  S.T. NRP.14357/P kepada Letkol Laut (P)  Abdul Haris NRP.14846/P. Dua, Komandan KRI LAM-374 dari Letkol Laut (P)  I Komang Nurhadi NRP.14901/P kepada Mayor Laut (P) Andisulistiono NRP.15400/P, dan Tiga, Komandan KRI HIU-634 dari  Letkol Laut (P)  Sayid Hasan NRP.14862/P kepada Komandan sementara  Letkol Laut (P)  Hendriman Putra NRP.14824/P.

Pada acara amanat Inspektur Upacara, Dansatkor menyampaikan bahwa Komandan KRI mempunyai tugas membantu Komandan Satuan dalam merumuskan dan mengembangkan kebijakan di bidang pembinaan dan pelaksanaan tugas di lapangan dalam rangka menjamin kesiapan personel dan unsurnya serta mengkaji dan mengembangkan taktik, teknik dan metode peperangan laut. Salah satu bentuk keberhasilan pembinaan oleh para Komandan KRI di lingkungan Armada Timur adalah bilamana setiap operasi dan latihan yang dilaksanakan mampu mengoperasikan alutsista yang kita miliki dengan baik dan benar, sehingga tugas pokok operasi dan latihan dapat mencapai hasil yang optimal, tanpa harus menimbulkan kerugian personel dan materiil sehingga mampu mewujudkan zero accident.

Lanjut beliau, Secara umum dapat dikatakan bahwa tolak ukur keberhasilan tugas, sangat ditentukan oleh keberhasilan para Komandan KRI sebagai pemegang komando pelaksanaan pembinaan di unsurnya, dalam upaya meningkatkan kesiapan operasional yang memiliki kemampuan sesuai fungsi asasinya. Untuk itulah maka, Komandan KRI harus mampu menyelenggarakan fungsi-fungsinya menentukan prioritas sasaran, sehingga dapat dicapai efisiensi dan efektivitas yang tinggi dengan resiko yang sekecil mungkin. Selain penyiapan alutsista dalam rangka memenuhi tuntutan kebutuhan operasi, tidak kalah pentingnya adalah keberhasilan dalam membina disiplin prajurit dan terpenuhinya hak-hak prajurit serta pembinaan keluarganya. Elemen pembinaan tadi, merupakan faktor yang menunjang  kelancaran dalam mengemban tugas.

Dansatkor juga menyampaikan beberapa penekanan kepada seluruh peserta upacara, diantaranya : Pertama, Tingkatan Keimanan dan ketaqwaan Kepada Tuhan YME sebagai implementasi pelaksanaan Sumpah Prajurit dan Sapta Marga Serta Tri Sila TNI-AL, sekaligus sebagai landasan moral dan etika dalam mengemban tugas bangsa dan negara. Kedua, Tingkatkan wawasan ilmu pengetahuan dan teknologi guna membangun kapasitas dalam mendukung segera terwujudnya kekuatan pokok minimum menuju TNI-AL kelas dunia. Ketiga, Pelihara dan tingkatkan kualitas personil yang profesional dalam melaksanakan tugas melalui kerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlas sehingga terjamin tetap tegaknya organisasi. Ke-empat, Tingkatkan produktifitas dengan berpedoman pada perudangan yang berlaku dan menjabarkan tugas dengan lebih akurat dalam langkah dan tindakan yang aplikatif dan realitis serta dimengerti oleh segala jajaran. Kelima, Tingkatkan terus soliditas dan solidaritas satuan, serta laksanakan kerjasama yang baik dengan semua pihak dengan mengedepankan pola kemitraan, sehingga tercipta suasana yang harmonis bagi Nusa dan Bangsa.

Turut hadir dalam pelaksanaan upacara tersebut Paban Ops Guspurlatim Letkol Laut (P) Joko Setiyono., S. E., M.Tr(Hanla), Paban Komlek Guspurlatim Mayor Laut  (P) Andi Sanjaya,  Seluruh Perwira KRI HIU-634, KRI USP372 dan KRI LAM-374. Pukul 08.40 Wita rangkaian kegiatan upacara Sertijab selesai dilaksanakan dengan aman dan lancar.

(Dispen Lantamal XIII Tarakan)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

TIGA KOMANDAN KRI LAKSANAKAN SERTIJAB DI TARAKAN